Menu

Bawaslu Segera Rekrut 33 Panwascam Pilkada 2020

  Dibaca : 1007 kali
Bawaslu Segera Rekrut 33 Panwascam Pilkada 2020
Ketua Bawaslu, komisioner dan seluruh staf Bawaslu Dharmasraya

DHARMASRAYA, METRO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Dharmasraya bakal merekrut 33 orang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada), baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya.

Ketua Bawaslu Dharmasraya, Syamsurizal mengatakan, rekrutmen Panwascam tersebut akan dibuka untuk publik mulai tanggal 27 November nanti. Ia pun menghimbau kepada putri-putri Dharmasraya yang ingin bergabung agar segera mendaftar ke kantor Bawaslu setempat.

Sebanyak 33 anggota panwascam nanti akan dibutuhkan dalam rekrutmen ini, setiap kecamatan masing-masing akan diambil tiga orang.

“Setiap kecamatan ada 3 orang panwascamnya, dan kali ini ada kita membutuhkan 33 anggota panwascam untuk 11 kecamatan yang ada di Dharmasraya. Jika minat, silahkan datangi kantor Bawaslu di Tebing Tinggi,” kata Syamsurizal yang didampingi Sekretaris Bawaslu, Redha Akmal kepada Posmetro, Rabu (20/11).

Disebutkan Syamsurizal, Panwascam harus segera dibentuk. Sehingga Januari, Panwascam sudah bekerja melakukan pengawasan tahapan pemilu.”Panwascam dibentuk satu bulan sebelum terbentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan digelar pada Januari 2020,” ujarnya

Dimulainya rekrutmen Panwascam ini, Syamsurizal berharap agar masyarakat di Kabupaten Dharmasraya, dapat antusias mengikuti seleksi yang akan diselenggarakan, sebagai pengawal demokrasi sehingga mendapatkan Pilkada yang berintegritas.

Sementara itu, Sekretaris Bawaslu Dharmasraya, Redha Akmal, menjelaskan bahwa tahapan sosialisasi ini akan berlangsung hingga 26 November mendatang. “Untuk pendaftaran dan pemasukan berkas akan berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 3 Desember 2019,” ujar Redha Akmal, Rabu (20/11).

Menurut Redha, ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi oleh calon Panwascam, yakni berusia minimal 25 tahun, pendidikan terakhir minimal SMA, tidak pernah dipidana, bukan anggota partai politik dan tidak pernah menjadi tim sukses sekurang-kurangnya lima tahun terakhir.

“Selain itu, ada juga sejumlah syarat administrasi yang harus dipenuh oleh calon pelamar,” tuturnya.

Redha menjelaskan, form pendaftaran bisa diunduh langsung di laman http://dharmasraya.bawaslu.go.id dan akun media sosial Bawaslu Dharmasraya. Masyarakat yang memenuhi syarat diajak untuk bergabung dan menjadi pengawas dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

“Mari bergabung dan bersama-sama kita awasi pelaksanaan Pilkada nanti,” ujarnya kembali.

Dalam lampiran yang diinformasikan oleh Sekretariat Bawaslu Dharmasraya, setidaknya ada beberapa tahapan yang akan dilakukan Bawaslu dalam proses rekrutmen Panwascam yang bakal bertugas di Pilkada.

Pertama tahapan sosialisasi dimulai dari tanggal 6-12 November 2019. Lalu masuk tahapan pengumuman pendaftaran yang dilaksanakan 13-26 November 2019. Kemudian pendaftaran dan penerimaan berkas pada 27 November hingga 3 Desember 2019. Setelah itu, tahapan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi 27-4 Desember.

Lanjut, pengumuman perpanjangan waktu pendaftaran 5 Desember. Penerimaan berkas pendaftaran di masa perpanjangan waktu pendaftaran 6-10 Desember 2019. Berikutnya tahapan penelitian administrasi berkas pendaftaran di masa perpanjangan pendaftaran 6-11 Desember. Pengumuman hasil penelitian adminstrasi 12 Desember.

Pada tanggal 12-15 Desember 2019, Bawaslu menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat (terkait hasil penelitian adminstrasi para kandidat Panwascam).

“Tes tulis dan tes wawancara digelar 13-17 Desember 2019, pengumuman hasil tes 18 Desember, dan terakhir proses pelantikan Panwascam (terpilih) 22- 23 Desember,” pungkasnya. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional