Menu

Bawaslu Monitoring, Ada Informasi Surat Suara Tercoblos

  Dibaca : 90 kali
Bawaslu Monitoring, Ada Informasi Surat Suara Tercoblos
MONITORING TPS— Komisioner Bawaslu Ismet Aljananta bersama Kapolsek Luhak Iptu Doni melakukan monitoring di TPS di Kecamatan Luhak.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota ketika melakukan monitoring saat pencoblosan keberbagai TPS mendapatkan informasi ada satu lembar surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di TPS 7 Kecamatan Luhak, sudah tercoblos. Kuat dugaan satu lembar surat suara yang sudah tercoblos karena rusak dan luput dari pensortiran.

“Memang tadi kita mendapatkan informasi ada satu lembar surat suara sudah tercoblos di TPS 7 Kecamatan Luhak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Diduga karena rusak dan luput dari pensortiran saat pelipatan Surat suara,” sebut Komisioner Bawaslu, Ismet Aljananta, ketika monitoring TPS ke-Luhak, Rabu (9/12).

Selain itu, Bawaslu juga menerima informasi terkait adanya kekurangan Surat suara di salah satu TPS, namun setelah dilakukan pengecekan ternyata ditemukan. Kemudian juga adanya terkait dengan tidak masuk dalam daftar pemilih. “Ini mamang ada informasi terkait kekurangan Surat suara saat dibuka kotaku suara, tetapi setelah dicek dan ditemukan, ini factor kelalaian saja. Dan temuan-temuan ini nanti akan kita tuangkan dalam surat, sudah kita minta Panwascam,” sebutnya.

Ismet Aljananta, juga menyebut bahwa pengawasan juga dilakukan tidak hanya terkait dengan aturan pilkada tetapi juga terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan covid-19 di TPS. Baik penggunaan masker, tempat cuci tangan, ukur suhu tubuh maupun lainnya terkiat protokol kesehatan.

Kapolsek Luhak Polres Payakumbuh, Iptu Doni yang ikut monitoring TPS bersama Komisioner Bawaslu Ismet Aljananta, menyebut bahwa penerapan protokol kesehatan dimasing-masing TPS di Kecamatan Luhak, sudah sesuai dengan aturan prokes.

“Kita memastikan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 berjalan sesuai Protokol Kesehatan di wilayah hukum Polres Payakumbuh, khususnya di wilayah Polsek Luhak, makanya Kita lakukan monitoring ke-TPS. Selain itu, juga memantau situasi keamanan dan kendala yang terjadi dihari pencoblosan,” sebutnya.

Kapolsek memastikan sejauh ini basil pemantauan dibeberapa TPS di wilayah hukum polsek Luhak berjalan dengan baik. “Sejauh ini dari hasil pemantauan di beberapa TPS di wilayah hukum Polsek Luhak, pelaksanaan pemilihan berjalan dengan baik. Termasuk penerapan protokol kesehatan juga kita lihat dijalankan dengan baik,” tuturnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional