Close

Bawaslu Kabupaten Agam Pastikan Pengelolaan Administrasi Keuangan sudah Tertib

PENGELOLAAN ADMINISTRASI— Bawaslu Agam menggelar rapat pengelolaan administrasi konsolidasi Sekretariat Pengawas Pemilu Ad Hoc, untuk meemastikan pengelolaan administrasi keuangan dilakukan dengan tertib sesuai aturan.

AGAM, METRO–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Agam memastikan pengelolaan administrasi keuangan dilakukan dengan tertib sesuai aturan. Sebagai langkah menertibkan pengelolaan keuangan, Bawaslu Agam menggelar rapat  pengelolaan administrasi konsolidasi  Sekretariat Pengawas Pemilu Ad Hoc pada Minggu (20/11) lalu.

Plh Ketua Bawaslu Agam, Hendra Susilo dalam sambutannya mengatakan berda­sarkan aturan Perbawaslu Tata Pola Hubungan terbaru, tugas pengawasan diampu oleh setiap personil pengawas, termasuk jajaran Panwaslu Kecamatan.

“Oleh karena itu, Sekreta­riat Panwaslu Kecamatan ha­rus selalu menjaga integritas dan memahami identitas sebagai seorang pengawas,” katanya.

Untuk meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan keuangan, pihaknya menghadirkan Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Agam, Eva Salmi di rapat tersebut.

Eva Salmi menjelaskan, bahwa regulasi perjalanan dinas tingkat kecamatan tidak diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan, namun bisa mengacu pada Peraturan Bupati di daerah masing-masing.

“Pengelolaan keuangan harus mempedomani aturan yang berlaku, agar kita terhindar dari dugaan penyalahgunaan anggaran negara,” ujarnya.

Staf Divisi SDMO Bawaslu Agam, Zul Adli mengurai tentang regulasi Peraturan Bawaslu terkait Organisasi, Tata Naskah, Klasifikasi Arsip, serta teknis penyelesaian pertanggungjawaban keuangan.

Sebagai supporting system katanya, penting bagi sekretariat Panwaslu Kecamatan memahami pola kerja dan tata kerja administratif di Panwaslu Kecamatan agar dapat mewujudkan pengawasan yang maksimal dalam pertanggungjawabannya.

“Dengan dilaksanakannya rapat ini, Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Agam diharapkan dapat mengelola administrasi secara tertib sehingga mampu me­nunjang pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan ta­hapan pemilu mendatang,” ucap Zul Adli.

Plt Sekretariat Bawaslu Agam, Yuli Zamra menambahkan, rapat konsolidasi tersebut juga sebagai langkah menertibkan pengelolaan administrasi keuangan dan menghindari potensi penyalahgunaan anggaran negara.

Menurutnya, Panwaslu Ke­camatan beserta sekretariat harus bisa menyesuaikan terhadap perubahan regulasi terkait pengelolaan keuangan pada penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

“Untuk itu perlu satu pe­mahaman dalam pengelolaan administrasi ini,” ujarnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top