Menu

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

  Dibaca : 314 kali
Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif
Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Saka Adhyasta Pemilu yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, di Gedung Pertemuan Serbaguna Hotel Umega Gunung Medan.

DHARMASRAYA, METRO
Guna meningkatkan partisipasi pengawasan terhadap tahapan pilkada serentak 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, menggelar kegiatan Sosialisasi pengawasan Partisipatif bersama Saka Adhyasta Pemilu pada tahapan Pilkada 2020.  dilaksanakan di Gedung Pertemuan Serbaguna Hotel Umega Gunung Medan. Selasa (11/8).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Bawaslu Dharmasraya, Syamsurizal, Komisioner Bawaslu Alde Rado, Laila Husni, Sekretaris Bawaslu Redha Akmal dan unsur Pramuka Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu se Kabupaten Dharmasraya serta Mahasiswa Universitas Dharma Indonesia (UNDHARI), Universitas Andalas (UNAND) dan STITNU Sakinah Dharmasraya.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni, di Dharmasraya, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu pada Pilkada Serentak 2020 di daerah itu.

Menurutnya, kemampuan Bawaslu dalam pengawasan sangat terbatas karena perimbangan luasan lingkup wilayah objek pengawasan tidak sebanding dengan petugas pengawas pemilu yang ada.  Untuk menjamin kesetaraan hak demokrasi warga negara dalam setiap tahapan Pilkada serentak, merupakan tanggungjawab bersama selaku warga negara Indonesia.

Ketua Bawaslu, Syamsurizal menyebutkan sosialisasi terus dilakukan baik melalui Saka Adhiyasta maupun masyarakat dan ormas dan parpol dalam rangka memperkuat pengawasan Pilkada serentak Desember 2020 nanti.

“Dilibatkan Pramuka dalam pengawasan Pemilu serentak 2020 sebagai bagian dari peran serta pengawasan serta edukasi kepada masyarakat dan peserta Pemilu,” ujar Syamsurizal usai memberikan materi.

Katanya melalui Kwartir Saka Adhiyasta 018, Bawaslu bertekad, akan melakukan pengawasan pilkada 2020 yang adil tanpa adanya intimidasi. Selain itu, dengan menggandeng Kwarcab Dharmasraya dalam pengawasan akan menjadikan pilkada yang berintegritas.

Sementara itu, peserta sosialisasi, Fahrur Rozi, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan secara simultan dan berkelanjutan oleh pihak Bawaslu setempat.

“Diakui bahwa kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak politiknya secara bijak masih sangat kurang, dan kondisi ini tentu tidak boleh kita biarkan, “ Katanya.

Sementara itu, Serma Joko Sumarno selaku perwakilan Saka Wira Kartika pewakilan TNI yang juga pembina pramuka tingkat SMA Sederajat mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjit dari sosialisasi pengawasan tahaoan pilkada serentak 2020. “Keterlibatan pramuka dalam mengawasi pelaksanaan pilkada 2020 di Dharmasraya ,” ujar Serma Joko Sumarno yang juga anggota Koramil 03 Pulau Punjung, Dharmasraya.

Joko menambahkan selaku pembina pramuka, pihaknya berharap mereka (pramuka) nantinya mendapatkan pengetahuan soal pengawasan pilkada dan mampu menyebarkan kepada masyarakat.

“Semoga pramuka mampu menyampaikan apa yang didapatkan dalam sosialisasi ini kepada masyarakat,” pungkasnya. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional