Menu

Bawaslu Gandeng Media Awasi Tahapan Pilkada

  Dibaca : 91 kali
Bawaslu Gandeng Media Awasi Tahapan Pilkada
Bawaslu Gandeng Media Awasi Tahapan Pilkada

SAWAHLUNTO, METRO
Bawaslu Kota Sawahlunto gandeng media mensosialisasikan koordinasi pengawasan tahapan Pilgub Sumbar di Hotel Inna Ombilin Heritage Sawahlunto, Selasa (13/10). Dwi Murini SPd menyampaikan, kepada pihak media, agar bisa menjadi jembatan bagi penyampaian informasi mengenai jalannya tahapan pengawasan dalam Pilgub 2020, kepada masyarakat umum khususnya daerah Sawahlunto.

“Sekarang tahapan yang dilakukan adalah persiapan dan selanjutnya tahapan pelaksanaan. Semua ini demi menjawab pertanyaan publik yang mungkin belum pahami setiap tahapan pengawasan yang dilakukan Bawaslu,” ujar Dwi.

Apalagi di saat masa pandemi Covid 19, yang jelas selalu berusaha berkerja keras secara continue memberikan kenyamanan bagi para Paslon dan pendukungnya dalam menyalurkan hak pilihnya, serta bagi para LO (Liasion Officer) dari para Paslon yang sebagai penghubung antar lembaga untuk Paslon yang diusungnya dalam mengkampanyekan dengan tidak melakukan tindakan pelanggaran sesuai regulasi yang ada.

Menurutnya pelanggaran yang harus diawasi, seperti pelanggaran sistemik, kode etik administrasi, money politic dan pelanggaran protokol kesehatan. Tapi yang langsung berada di tengah tengah masyarakat pelanggaran pidana. Masyarakat yang tahu pelanggaran pemilihan yang terjadi. Pada tahun 2019 tahun lalu ada 17 kasus yang diputuskan oleh pengadilan. Hampir 50 persen adalah 8 kasus money politic dengan diputuskan hukuman percobaan. Ini artinya pemilu selalu berkaitan dengan hal money politic dan itu yang perlu kita awasi dengan bantuan laporan masyarakat,” ujar Dwi.

Hadir dr Ranu Vera Mardianti sebagai pemateri khusus mengenai penanganan Covid 19 mengatakan bahwa padaa saat Pilgub tersebut diberlakukan protokol kesehatan dan Bawaslu akan mengawasinya contohnya pada saat di TPS bila suhu tubuh di atas 37 celsius dan pemilih harus wajib mengikuti protokol kesehatan sebelum memasuki TPS. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional