Menu

Bawaslu Gaet Pemilih Pemula

  Dibaca : 91 kali
Bawaslu Gaet Pemilih Pemula
SOSIALISASI PENGAWASAN—Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan membuka sosialisasi pengawasan partisipatif bersama pemilih pemula.

PARIAMAN, METRO
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman gelar sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar kepada pemilih pemula yang ada di Kota Pariaman guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan mengatakan, ada dua potensi yang bisa di manfaatkan dari pemilih pemula ini, pertama pemilih pemula bisa dimanfaatkan oleh para calon yang ingin mempengaruhi pemilih pemula dengan diiming-imingi politik uang.

Kedua, bisa menjadikan pemilih pemula ini sebagai pengerak untuk mensosialisasikan dan menolak politik uang yang ditujukan kepadanya dari pihak oknum calon. “Makanya dalam kegiatan ini sasaran kita adalah pemilih pemula, karena pemilih pemula ini sangat rentan dimanfaatkan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong pemilih pemula untuk menyalurkan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya. Karena berdasarkan data pemilih di Pariaman sekitar 25 parsen itu adalah pemilih pemula. “Kita juga mendorong para pemilih pemula agar mau datang ke TPS,” katanya.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan hasil penelusuran Bawaslu masih ditemukan banyak pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP. Untuk itu, pihaknya mendorong Disdukcapil Kota Pariaman agar melakukan perekaman KTP.

“Kita dan KPU mendorong Capil untuk lakukan perekaman KTP bagi pemilih pemula yang belum terekam. Karena, salah satu syarat untuk memilih itu nantinya adalah KTP,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan pemahaman kepada pemilih pemula di Kota Pariaman bahwa untuk melakukan perubahan kedepan itu juga harua ada peranan dari pemuda. “Kita berharap kepada pemilih pemula ini, karena mereka belum terkontaminasi, jadi mereka bisa memilih pemimpin sesuai dengan hati nuraninya dan bersama-sama menolak politik uang,” katanya.

Sementara itu, Koordiv PHAL, Ulil Amri menyampaikan pihaknya menyampaikan sangat penting dirangkul dan diberikan edukasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. “Pemilih pemula ini penting dirangkul dan dijadikan sebagai mitra Bawaslu untuk bersama mengawasi pemilu agar terhidar dari politik uang sebagainya. Mereka juga akan bisa sosialisasikan kepada teman sebayanya,” kata Ulil.

Ia juga menyampaikan pemilih pemula ini memiliki peranan penting dalam demokrasi di negara ini untuk meningkatkan kualitas demokrasi. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional