Menu

Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi Resmi Milik Tanahdatar

  Dibaca : 49 kali
Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi Resmi Milik Tanahdatar
upati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian serta dukungan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Sumbar.

TANAHDATAR, METRO–Selepas didaftarkan 21 Juni 2021 lalu ke Kemen­terian Pertanian Republik Indonesia, tanaman Ba­wang Merah Varietas Sum­bu Marapi dinyatakan su­dah terdaftar sebagai Va­rietas Lokal pada 2 Agustus 2021 kemarin. Bupati Tanah Datar Eka Putra me­nyam­but baik dan menyam­pai­kan terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian serta dukungan Balai Peng­kajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Sumbar.

 “Alhamdulillah, ba­wang merah varietas Sum­bu Ma­rapi resmi milik Ta­nah Datar. Tentunya de­ngan hadirnya varietas ini menjadi pilihan bagi ma­syarakat petani tidak ha­nya Tanah Datar juga di luar Tanah Datar. Banyak keunggulan yang dimiliki varietas ini, diharap­kan penghasilan petani juga semakin meningkat,” sam­pai Bupati di Gedung Indo Jolito, Rabu (11/8).

 Disampaikan bupati, varietas ini dapat tumbuh baik di dataran sedang dan produktifitas tinggi ditan­dainya dengan umbinya muncul ke permukaan ta­nah bertingkat-tingkat ser­ta umur berbunga dan u­mur panen lebih cepat.  “Menurut laporan, pro­duk­tifitasnya lebih tinggi dibanding 3 varietas lain, Sumbu Marapi rata-rata 27 ton per hektar sementara yang lain berkisar 15 sam­pai 20 ton per hektar. Ini sangat menguntungkan bagi petani,” katai bupati.

Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi menambahkan usulan Bupati Tanah Datar untuk memperoleh tanda daftar varietas telah dise­tujui Kepala Pusat Perlin­dungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI Prof. (Riset). Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si.  “Dalam ke­sempatan ini kita juga me­nyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim dari BPTP Sumbar dan BP­SB  Sumbar yang telah bekerjama dalam men­dukung proses dan terus mengawasi serta mem­bimbing dalam pelaksa­naan kegiatan pelepasan Bawang Merah varietas Sumbu Marapi,” tukasnya.

Hal senada disampai­kan Kabid Hortikultura Sri Mul­yani. “Alhamdulillah, berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak terutama tim peneliti, va­rietas Sumbu Marapi ini sudah terdaftar dan men­jadi milik Tanah Datar dan bahkan sudah bisa diedar­kan dan dipakai masya­rakat petani di Tanah Da­tar,” ujarnya. Diterang­kan Sri Mulyani, bawang me­rah varietas Sumbu Ma­ra­pi mempunyai ke­ung­gulan produktivitas yang lebih tinggi. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional