Menu

Batang Lumpo Meluap, Ratusan Rumah Terendam

  Dibaca : 258 kali
Batang Lumpo Meluap, Ratusan Rumah Terendam
BANJIR—Nagari Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan dikepung banjir, ratusan rumah tergenang air setinggi pinggang orang dewasa.

PESSEL, METRO
Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, sejak Jum’at (8/1) sekitar pukul 16.30 WIB hingga Sabtu (9/1) dini hari, mengabitkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah. Seperti di Nagari Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, ratusan rumah tergenang air hingga setinggi pinggang orang dewasa.

Berdasarkan informasi dilapangan, akibat hujan lebat itu, puluhan hektare sawah milik warga juga ikut tergenang. Ruas jalan nasional di daerah Talawi, Kecamatan Koto XI Tarusan juga mengalami kemacetan akibat material tanah dari atas bukit yang longsor.

Beberapa wilayah di Pessel yang mengalami kebanjiran seperti daerah Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Nagari Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, dan Kecamatan Lengayang. Kerusakan juga terjadi pada sejumlah fasilitas umum seperti jembatan.

Sabtu (9/1) pukul 12.30 Wib, di Nagari Gurun Panjang Utara, biarpun hujan tidak turun lagi, namun ketinggian air daerah tersebut masih cukup tinggi, mencapai lutut kaki orang dewasa. Bahkan, air masih masuk kedalam rumah.

Aldismas (60) warga kampung Teluk Bakung, Nagari Gurun Panjang Utara, Kecamatan Bayang mengatakan, Batang Lumpo meluap terjadi sekitar pukul 04.00 Wib, Sabtu (9/1). Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

“Kalau hujan lebat di hulu, pasti luapan sungai Batang Lumpo sampai di sini. sudah seperti langganan saja banjir di sini pak. Tapi ini yang cukup parah,” ungkap Aldisman.

Sementara itu, Dulharis kepala kampung Gurun Panjang Induk, Kecamatan Bayang menuturkan,  sebagian warga sudah mulai menguras air dan membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah.

“Warga saat ini sangat berharap dilakukan normalisasi sungai Batang Lumpo. Jika tidak segera, banjir lebih besar lagi sewaktu-waktu bias saja terjadi,” harapnya.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto, ketika dihubungi melalui What Shap pribadinya Jum’at (8/1) menuturkan, hingga sampai saat ini pihaknya melalui Team Reaksi Cepat ( TRC) BPBD Pessel masih di lapangan, melakukan penanganan pasca banjir kemarin.

Untuk banjir di Kecamatan Lengayang, TRC Pessel telah turun langsung melakukan evakusi warga khususnya para lansia dan anak – anak yang terkepung banjir. Termasuk bergabung bersama pihak terkait membersihkan material tanah longsor terjadi di Talawi, Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Kita terus melakukan pendataan di lapangan, melalui nagari dan kecamatan. Dan sampai saat ini tidak ada korban jiwa, “ tegas Herman Budiarto.

Selain membersihkan, sebagian warga lainnya tampak sibuk memperbaiki sepeda motornya yang terendam akibat banjir.( rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional