Close

Batang Imang Bisa Mengairi Lahan Pertanian

TINJAU--Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra meninjau potensi aliran Batang Imang bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah.

SOLOK, METRO–Aliran Batang Imang dinilai mampu mengaliri sa­wah di kawasan Tanah Garam, Kota Solok. Apalagi sebagian besar areal persawahan milik masyarakat di kawasan itu merupakan sawah tadah hujan.

Wakil Wali Kota Solok, Ra­madhani Kirana Putra, ketika meninjau sumber mata air Batang Imang Payo, Kelurahan Tanah Garam, berharap potensi alam ini dapat dimanfaatkan. Sumber mata air Batang Imang yang berada di Alam Bukit Rimbo Payo ini berpotensi untuk mengaliri irigasi persawahan yang ada di kawasan Tanah Garam.

” kondisi lahan sawah tadah hujan dimana lahan yang memiliki pematang namun tidak dapat dialiri air dan hanya dapat digarap waktu tertentu tidak secara kontinyu. Oleh karena itu, pengairan lahan sawah ta­dah hujan sangat ditentukan oleh curah hujan sehingga risiko kekeringan sering terjadi pada daerah tersebut pada musim kemarau,” ujar Ramadhani.

Potensi sumber mata air Batang Imang Payo ini akan di coba pemanfaatanya secara maksimal untuk me­ngairi sawah-sawah petani di Kelurahan Tanah Garam. Dan ini menjadi solusi untuk memaksimalkan potensi per­tanian di Kota Solok.

Debit air yang mengalir di batang Imang cukup besar dan selama ini tidak termanfaatkan. Pada hal areal persawahan milik masya­rakat yang berada dibawahnya sangat membutuhkan pengairan.

Selama ini aliran batang Imang belum termanfaatkan karena letaknya jauh dalam hutan. Namun sungai tersebut dapat menjadi sumber air yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Tidak saja untuk mengairi areal persawahan milik ma­syarakat yang memang sa­ngat dibutuhkan. Akan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bersih.

Apalagi sumber air di batang Imang Payo ini juga berpotensi sebagai air baku PDAM. Dan menurut Rahmdhani juga akan diupayakan sumber air ini dapat menambah volume debit air baku PDAM di Kota Solok.

“Pemko Solok bersama PDAM Kota Solok akan me­lakukan kajian dan riset lebih lanjut, semoga dengan ini kebutuhan debit air baku di Kota Solok akan semakin banyak dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ujar Ramadhani. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top