Menu

Baru 30 Persen Pedagang Pasar Raya Padang Dites Swab dari 1.000 Target

  Dibaca : 278 kali
Baru 30 Persen Pedagang Pasar Raya Padang Dites Swab dari 1.000 Target
TES SWAB— Salah seorang warga sedang menjalani tes swab di Puskesmas Andalas di Kecamatan Padang Timur.

PASAR RAYA, METRO–Pasar Raya Padang merupakan tempat penyebaran virus corona (Covid-19) terbesar di Kota Padang, bahkan Sumbar. Ratusan pedagang terpapar virus tersebut. Kini, Pemerintah Kota Padang tengah melakukan tes swab kepada ribuan pedagang di pasar tersebut.

“Pasar Raya merupakan kluster yang kini sedang kita putus mata rantai penyebaran virusnya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, kemarin.

Dijelaskannya, tes swab kepada pedagang dilakukan sejak Rabu (20/5/2020). Tes swab itu sendiri dilakukan di Lantai III, Blok III, Pasar Raya. “Di hari pertama swab, kita mengambil 180 sampel. Sedangkan di hari kedua (Kamis ini) kita ambil 147 sampel,” jelas Kadiskes.

Dinas Kesehatan Kota Padang melakukan pool test kepada seribu lebih pedagang. Pool test merupakan teknik laboratorium untuk mengefisienkan pemeriksaan yang bertujuan untuk mencari orang terinfeksi di suatu populasi tertentu. Awalnya Pemko Padang menargetkan pool test selesai 15 Mei lalu.

“Kita perlu tambahan waktu agar seribu lebih pedagang bisa dites swab. Karena jumlah pedagang yang sudah kita tes baru 30 persen dari target. Kita berharap Sabtu (23/5/2020) selesai semuanya,” sebut Feri Mulyani Hamid.

Sementara itu, Kadiskes menyebut, terjadi penambahan jumlah pedagang di Pasar Raya yang positif virus corona. Kamis ini terjadi penambahan pedagang positif yakni sebanyak empat orang. “Berarti sudah 114 pedagang di Pasar Raya yang positif,” jelas Kadiskes. (dkp)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional