Menu

Barcelona vs Espanyol, Berpacu Kejar Madrid

  Dibaca : 467 kali
Barcelona vs Espanyol, Berpacu Kejar Madrid
Barcelona vs Espanyol

Derbi Catalan akan tersaji pada pekan ke-35 LaLiga Spanyol 2019-2020 antara Barcelona akan ditantang Espanyol, Kamis (09/07) pukul 03.00 WIB.
Pertandingan kali ini bakal dihelat di Camp Nou selaku kandang Barcelona. Mengingat mereka sedang berusaha untuk pertahankan titel juara kompetisi kasta atas Negeri Matador, Catalan sudah pasti tak akan tunjukkan belas kasihan.

Ya, Barcelona kini tengah berpacu dengan waktu agar bisa sabet gelar LaLiga Spanyol karena sudah keteteran dari Real Madrid yang memimpin klasemen dengan selisih empat poin. Artinya hanya satu, Skuad asuhan Quique Setien ini wajib konsisten untuk menang dan berdoa nasib apes sang rival.

Jika mereka gagal menang, Real Madrid cukup memenangkan dua laga lagi untuk mengunci gelar juara Liga Spanyol musim ini.

Meski sempat didera masalah pelik, Barcelona nampak bisa tetap bermain profesional, hal itu terlihat kala mereka bisa menang atas Villarreal dengan skor telak 4-1. Barcelona menang lewat satu gol bunuh diri lawan, serta gol-gol Luis Suarez, Ansu Fati, dan Antoine Griezmann.

Habisi tim peringkat lima dengan mudah, bagaimana mungkin mereka akan menyerah lawan Espanyol, tim papan bawah.

Namun, saat meladeni tim juru kunci LaLiga Spanyol ini, Barcelona tetap tak diperkuat oleh Ousmane Dembele, Jean Clair Todibo, Samuel Umtiti, dan Frenkie de Jong karena menderita cedera. Tapi, itu tetap tak menghentikan langkah mereka untuk menggila curi tiga poin.

Barcelona tercatat selalu menang dalam 12 laga kandang terakhirnya melawan Espanyol di semua ajang. Kali ini pun, Barcelona sangat difavoritkan untuk kembali mengalahkan rival sekota mereka.

Pelatih Barcelona Quique Setien akhirnya menemukan formasi yang pas untuk memaksimalkan trio MSG (Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann).
Hal tersebut jadi modal Blaugrana untuk meraih poin maksimal saat melakoni derbi nanti.

Untuk mengakomodasi trisula mautnya itu, Setien mengubah pola main Barca dari 4-3-3 menjadi 4-3-1-2. Dalam skema itu, Suarez diduetkan dengan Griezmann di depan yang ditopang Messi sebagai penyerang lubang di belakang keduanya.
Formasi tersebut mampu memaksimalkan potensi ketiga bintang tersebut. Terbukti, Messi dkk pesta 4-1 atas tuan rumah Villarreal.

Suarez dan Griezmann mencetak 1 gol, sedangkan Messi menjadi pemberi assist untuk dua gol tersebut. Bagi Griezmann, torehan golnya merupakan yang pertama dalam 9 penampilan terakhir.

Didatangkan dari Atletico Madrid dengan biaya 120 juta euro pada awal musim, sang penyerang internasional Perancis mesti lebih konsisten, termasuk dalam laga kontra El Spanyol.

Sementara itu, Luis Suarez yang posisinya di lini depan Barcelona seakan tidak tersentuh, terus menunjukkan perkembangan positif.

Total, ia sudah mencetak 3 gol sejak kembali dari cedera. Posisi Suarez dan Griezmann sebagai duet penyerang, dibantu Messi sebagai gelandang serang, tampaknya yang paling ideal untuk Trio MSG, meski layak diuji dalam laga seperti duel kontra Espanyol.

“Penampilan MSG sangat bagus. Mereka bekerja dengan baik serta memiliki kualitas,” tutur Quique SetiĆ©n pelatih Barcelona, dikutip Marca, Senin (6/7). “(namun) Setiap laga itu berbeda. Ada tim yang sangat menyulitkan kami karena mereka sangat solid dalam bertahan,” tambah sang juru taktik.

Bahkan, Megabintang Barcelona, Lionel Messi, memiliki rekor di Derbi Catalan. Pemain berjuluk La Pulga atau “Si Kutu” tersebut merupakan top skor sepanjang masa dalam pertandingan Derbi Catalan.

Berdasarkan data Transfermarkt, Messi mencatatkan 25 gol dari 32 pertandingan Derbi Catalan, dengan rincian 22 gol di La Liga dan tiga gol di Copa del Rey.
Lionel Messi mencetak gol ke gawang Espanyol untuk kali pertama pada La Liga musim 2006-2007, ketika Barcelona menjamu Espanyol di Camp Nou.

Pada Derbi Catalan tersebut, Messi langsung memborong dua gol dalam hasil seri 2-2.
Adapun gol terakhir Messi ke gawang Espanyol dicetak pada La Liga musim 2018-2019 di Camp Nou.
Kala itu, Messi mencetak dua gol kemenangan Barcelona atas Espanyol dengan skor 2-0. Sang megabintang Barcelona itu akan kembali bersua Espanyol.

Penyerang asal Argentina itu berpeluang menambah pundi-pundi golnya ke gawang Espanyol, mengingat mereka sedang dalam performa kurang baik.

Beralih ke kubu tim tamu, Espanyol hanya bisa pasrah mendapati lawan mereka kali ini tak tanggung-tanggung merupakan tim kuat seantero Spanyol. Meski begitu, Los Periquitos tak mau menyerah sebelum berlaga.

Kerap menjadi pesakitan sejak awal musim, Espanyol harus rela kemungkinan besar bakal terdegradasi musim depan. Secara head to head lima laga terakhir, mereka hanya mampu menahan imbang Barcelona tiga kali, sementara sisanya berakhir dengan kekalahan.

Posisi Espanyol masih terpaut 11 poin dari zona aman. Jika sampai kalah dalam derby kontra Barcelona ini, Espanyol bisa dipastikan terdegradasi dari La Liga.
Kemenangan sangat penting untuk tetap menjaga peluang mereka bertahan di La Liga musim depan. Anak asuh Francisco Rufete saat ini berada di dasar klasemen dengan perolehan 24 angka, tertinggal 11 angka dari Alaves, Celta Vigo dan Eibar yang berada di tepi zona aman.

Hasil imbang saja tak akan cukup menyelamatkan nyawa Espanyol dari ancaman degradasi. Mereka harus meraih kemenangan sambil berharap salah satu dari ketiga tim di atas terperosok dalam dua hingga tiga laga ke depan.

“Hanya keajaiban yang bisa menyelamatkan kami,” ujar David Lopez, salah satu penggawa Espanyol yang tampil dalam 28 laga musim ini. Demikian bola.net. (*/rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional