Close

Barcelona vs Bayern Munchen, Misi Wajib Menang Blaugrana

Barcelona akan men­jamu Bayern Munchen di Camp Nou pada matchday 5 Grup C Liga Champions 2022/2023. Pertandi­ngan ini dijadwalkan kick-off Kamis (27/10) pukul 02.00 WIB.

Kemenangan wajib di­raih Blaugrana demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Namun di satu sisi, laga ini sebenarnya lebih sebagai laga perebutan gengsi, setelah skuad asuhan Xavi Hernandez hampir pasti turun ke UEL mu­sim ini.

Saat ini, Barcelona te­ngah berada di posisi ketiga klasemen sementara Liga Champions 2022/23 Grup C dengan torehan empat poin. Barcelona tertinggal dari Inter Milan di peringkat kedua yang telah memperoleh tujuh poin dan Bayern Munchen di peringkat pertama dengan 12 poin.

Dua tim ini berada dalam situasi yang kontras. Bayern masih sempurna dan sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sementara itu, Barcelona terancam terlempar ke Liga Europa.

Selisih tiga poin dari Inter, juga head-to-head yang inferior dari sang wakil Italia (0-1 tandang, 3-3 kandang), membuat Barcelona berada di ujung tanduk.

Barcelona harus me­ngalahkan Ba­yern sambil mengharap ‘kebaikan’ Plzen untuk me­ngalahkan Inter di Giuseppe Meazza. Dengan begitu, peluang Bar­celona akan tetap terjaga.

Peluang Barcelona untuk menang cu­kup terbuka. Sebab, Bayern kehilangan beberapa pemain penting, termasuk kiper Manuel Neuer dan penyerang sayap Leroy Sane, akibat cedera.

Namun, jika Inter me­nang, maka apa pun hasil yang diraih Barcelona saat melawan Ba­yern takkan ada artinya. Jika Barcelona imbang, sedangkan Inter juga imbang, Barcelona juga akan dipastikan finis peringkat tiga dan terlempar ke Liga Europa.

Di lain pihak, Bayen akan dipastikan jadi juara grup jika mampu mengalahkan Barcelona, atau jika Inter gagal me­naklukkan Plzen.

Ba­yern Munchen menatap laga melawan Barcelona de­ngan lebih santai, pasal­nya Die Roten sudah pasti lolos 16 besar Liga Champions 2022-2023. Skuad asuhan Julian Na­gels­mann itu tak tergo­yahkan di peringkat 1 klasemen se­mentara grup C hingga kini.

Sejauh ini, Bayern telah mengoleksi poin sempurna (12) setelah menyapu bersih 4 pertandingan sebe­lumnya dengan kemena­ngan. Kontras dengan Bayern Munchen, Barcelona justru tampil compang-camping di fase grup Liga Cham­pions musim ini.

Hasil imbang melawan Inter pa­da matchday 4 UCL membuat peluang Blau­grana lolos ke babak 16 besar hampir mustahil. Meski bermain di Camp Nou, Barcelona bisa jadi kesulitan menghadapi The Bavarian yang sedang da­lam performa impresifnya belakangan ini.

Meski jorjoran dalam bursa transfer musim pa­nas lalu dan sempat tampil meyakinkan di kompetisi domestik, performa Barcelona di UCL terbilang buruk.

Skuad asuhan Xavi Hernandez itu harus puas menghuni peringkat 3 kla­semen sementara grup C Liga Champions musim ini setelah hanya meraih hasil imbang melawan Inter pada Rabu (12/10) lalu.

Hasil ter­sebut membu­at peluang Barcelona lolos ke babak 16 besar UCL mu­sim ini kian runyam. Pasalnya, Barcelona tak hanya butuh kemenangan ketika menjamu Bayern Munchen, tetapi juga berharap Viktoria Plzen memenangkan pertandingan melawan Inter di Giuseppe Meazza.

Kemenangan atas Ba­yern Kamis dini hari nanti tidak cukup buat Barcelona lantaran rekor head to head Blaugrana kalah dari Inter. Berbeda dengan liga domestik Eropa, Liga Champions menerapkan aturan head to head sebagai penentu peringkat fase grup setelah poin pertandingan.

Kontras dengan Barcelona, Die Roten me­ngikuti langkah Club Burge, Real Madrid, dan Manchester City yang dipastikan lolos ke babak 16 besar. Mes­ki demikian, laga Kamis malam nanti di­prediksi akan berlangsung sengit lantaran Barcelona dan Bayern akan sa­ling memperebutkan gengsi. Meski pada akhir­nya akan turun kasta ke UEL, Barca butuh kemenangan melawan Bayern untuk mengembalikan motivasi tim.

Barcelona masih tak dapat memainkan Memphis Depay, Andreas Christensen, dan Ronald Araujo yang didera cedera saat menjamu Bayern Munchen Kamis (27/20) dini hari nanti.

Blaugrana juga dipastikan tak akan memainkan Sergi Roberto yang menderita dislokasi bahu da­lam laga lanjutan LaLiga kontra Villarreal Senin (24/10) kemarin.

Sementara itu, tim ta­mu juga memiliki beberapa pemain yang tak da­pat diturunkan ketika bertandang ke Barcelona. Bouna Sarr, Leroy Sane, Kingsley Coman, Lucas Hernandez, dan Manuel Neuer diragukan tampil karena cedera yang diderita masing-ma­sing pemain. (rom)

Prediksi susunan pemain
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Bellerin, Kounde, Alonso, Balde; De Jong, Busquets, Pedri; Dembele; Lewandowski, Fati.
Pelatih: Xavi.
Bayern Munchen (4-2-3-1): Ulreich; Pavard, De Ligt, Upamecano, Davies; Goretzka, Kimmich; Gnabry, Musiala, Coman; Choupo-Moting.
Pelatih: Julian Nagelsmann.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top