Close

Barcelona Kantongi Rp 70 M Karena Piala Dunia

BARCELONA— Para pemain Barcelona mengangkat bek tengah Gerard Pique pada akhir pertandingan LaLiga antara FC Barcelona dan UD Almeria, di Stadion Camp Nou, pada 5 November.

Mengirimkan pemain ke timnas yang tampil di turnamen mayor seperti Piala Dunia bukan sekadar prestasi bagi klub. Tapi juga bisa mendukung finansial klub. Semakin banyak pemain yang mewakili negara­nya, prize money untuk klub semakin besar.

Contohnya FC Barcelona. Untuk Piala Dunia 2022, Blaugrana –sebutan FC Barcelona–mengirim 16 pemain ke Qatar. Seperti dilansir Barca Universal, rival abadi Real Madrid tersebut bisa mendapatkan nilai kompensasi klub hingga mencapai EUR 4,3 juta atau hampir Rp 70 miliar.

Nominal itu berasal dari masing-masing pemain EUR 71 ribu (Rp 1,15 miliar). Artinya, Blaugrana sudah mengamankan EUR 1,136 juta (Rp 18,4 miliar) dari 16 pemain mereka. Itu dihitung hanya untuk sekali pertandingan.

Kalau eksis di fase grup saja, tinggal dikali tiga. Belum lagi kalau melangkah ke fase knockout. Nominal yang sama, EUR 4,3 juta, juga bisa dimiliki Blaugrana seandainya tujuh pemainnya di skuad Spanyol sukses membawa La Furia Roja menembus partai final. Itu termasuk bonus EUR 1,285 juta (Rp 20,8 miliar).

Nilai kompensasi untuk klub yang melepas para pemainnya itu tercantum dalam regulasi Club Benefit Program yang diberlakukan FIFA. Dalam upaya mendapatkan klaim tersebut, klub harus lebih dulu mendaftar melalui platform FIFA Profesional Football Landscape.

FIFA disebut siap mendistribusikan anggaran senilai USD 209 juta atau setara Rp 3,2 triliun sebagai nilai kompensasi untuk klub yang melepas pemainnya selama Piala Dunia 2022 (20 November sampai 18 Desember).

Nominal tersebut sama seperti yang dikeluarkan FIFA untuk klub pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Saat itu FIFA mendistribusikan uang kompensasi kepada 416 klub dari 63 federasi sepak bola di seluruh dunia.

“Saya berharap semua pemain kami meraih kesuksesan di Piala Dunia tahun ini,” kata entrenador Blaugrana Xavi Hernandez. “Yang tak kalah penting, mereka kembali dalam kondisi baik-baik saja,” imbuhnya.

Seiring kondisi keuangan klub yang masih minus, Presiden FC Barcelona Joan Laporta menyatakan bahwa klubnya tidak mendapatkan lampu hijau untuk aktif dalam bursa transfer musim dingin pada Januari 2023.

Artinya, kalau sampai pemain Barca pulang dari Piala Dunia dengan membawa cedera, hal itu bisa membikin pusing Xavi dalam meracik skuadnya. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top