Close

Barang Dagangan Ditertibkan, PKL di S Parman Melawan

ANGKUT BARANG DAGANGAN — Petugas Satpol PP mengangkut barang dagangan milik PKL yang masih dibiarkan di atas fasilitas umum di jalan S. Parman, Sabtu (11/6).

TAN MALAKA, METRO–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pa­dang kembali menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang meninggalkan barang dan peralatan dagangnya di atas fasilitas umum (fa­sum), Sabtu (11/6). Pe­ner­tiban tersebut berlokasi di sepanjang Jalan S. Par­man, Kecamatan Padang Utara.

Kabid Tibum dan Tran­mas Satpol PP Padang, Deni Harzandy menga­takan, para pedagang ter­sebut telah melanggar Per­da 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ke­ten­traman Masyarakat.

“Tidak dibenarkan un­tuk berjualan di atas fasum dan fasos, fasum dan fasos itu untuk kepentingan ber­sama bukan untuk kepen­tingan pribadi, apalagi sam­­pai meninggalkan ba­rang dagangannya di­sa­na,” terangnya.

“Itu jelas melanggar Perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masya­ra­kat. Mereka sudah sering kita tegur bahwa tidak dibenarkan berjualan di atas fasum dan fasos, apalagi sampai meninggalkan ba­rang dagangannya di sa­na,” tambah Deni.

Dijelaskan, saat penertiban sempat terjadi penolakan dari PKL. Tetapi petugas tetap dengan humanis memberikan edukasi kepada PKL tersebut.

“Benar, ada yang bersikeras bahwa barang dagangan yang ditinggalkan tidak di atas trotoar, dan berseru bahwa ini tanah kaum mereka. Setelah kita berikan pemahaman, alhamdulillah PKL bisa me­ngerti,” terangnya.

Satpol PP akan terus melakukan pengawasan pada tempat-tempat yang telah ditertibkan secara intens dan berkelanjutan, demi menjaga trantibum. “Setelah penertiban ini, petugas penegak Perda itu bakal selalu intens melakukan pengawasan di tempat-tempat yang telah ditertibkan. Kita akan selalu melakukan pengawasan pada tempat yang telah kita tertibkan, agar tidak ada lagi pedagang yang berjualan menggunakan fasum, dalam upaya me­ngem­balikan fungsi fasum ke fungsi semestinya,” pungkas Deni. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top