Close

Baralek Gadang, Sinergritas Rantau dan Kampung di Padangpariaman

Bupati Padangpariaman Suhatri hadiri pakar baralek gadang dalam rangka sinergritas kampung dengan rantau menuju Kabupaten Padangpariaman berjaya.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri hadiri pakar baralek gadang dalam rangka sinergritas kampung dengan rantau menuju Kabupaten Padang­pariaman berjaya. “Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Padangpariaman berjaya, persatuan anggota kampung aliansi rantau (PAKAR) memiliki beberapa program strategis,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Diantaranya, peningkatan hasil swasembada pangan, pengembangan pariwisata, pemasaran industri kerajinan dan makanan siap saji yang merupakan produk Usaha Mene­ngah dan Kecil Mikro (UMKM) yang ada di seluruh Nagari se Kabupaten Padangpariaman. “Salah satu upaya yang dilakukan, yakni dengan mengadakan acara PAKAR baralek gadang yang berlangsung selama dua hari,” ujarnya.

Acara yang juga menggelar UMKM expo dan pagelaran seni dan budaya Padangpariaman itu, diresmikan oleh Bupati Padangpariaman Suhatri Bur. Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Komunikasi Kaderisasi Generasi Demokrasi (FKKGD).

Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada pengurus FK­KGD yang baru dilantik dan akan melakukan rapat kerja nasional. Semoga apa yang telah dirumuskan nantinya, akan menjadi program strategis dan dapat diimplementasikan di tengah masyarakat.

Ucapan terima kasih, juga disampaikan Bupati kepada pengurus PAKAR Padangpariaman, yang telah memfasilitasi dan mendukung program pe­ningkatan perekonomian di Nagari dengan mengedepankan fungsi dan peran pelaku UMKM di Kabupaten Padangpariaman. Dengan sinergitas antara kampung dan rantau, Padangpariaman berjaya segera terwujud.

“Kita berharap, melalui ke­giatan PAKAR baralek gadang pada hari ini, akan dapat membentuk pelaku UMKM yang handal, dan membantu pe­ningkatan kemampuan wira usaha masyarakat di Nagari. Begitu juga dalam memasarkan dan mempromosikan produk industri kerajinan anak nagari. Sehingga akan meningkatkan perekonomian Nagari dalam mewujudkan visi dan misi Pa­dangpariaman Berjaya “unggul berkelanjutan, religius, sejahtera, dan berbudaya,” ujar Suhatri Bur.

Selain itu, Bupati Suhatri Bur juga meminta kepada pengurus PAKAR dan semua dunsanak di perantauan. Untuk membantu mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten Padang­pariaman. Karena sampai saat ini daerah kita masih di posisi paling bawah dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Barat.

“Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dari dunsanak di perantauan, untuk mengajak keluarga di kampung agar ikut vaksin bagi yang belum. Tolong disampaikan bahwa vaksin itu tidak berbahaya, sehat dan halal, karena sudah dijamin oleh BPOM dan MUI. Semoga dengan kerjasama antara kampung dan rantau, menjelang akhir tahun ini target vaksinasi bisa mencapai 80 %. Sehingga Kabupaten Pa­dang­pariaman kembali ke le­vel satu dan masyarakat bisa beraktivitas lagi seperti biasa,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAKAR Mahyuddin menyampaikan  tujuan dari kegiatan PAKAR baralek gadang ini, a­dalah memperkenalkan hasil industri kerajinan dan produk makanan dari Kabupaten Pa­dangpariaman ke berbagai pelosok di Pulau Jawa. Dengan kerja sama atau aliansi rantau dan kampung, akan terbuka jalur pemasaran dan distribusi hasil pertanian dan industri kecil karya anak Nagari.

“Kita berharap, semoga dengan berkumpulnya para pejabat, pengusaha dan pedagang dalam acara ini  bisa terjalin komunikasi bisnis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung dan di perantauan,” ujar Mahyuddin yang akrab disapa H. Enek itu meng­akhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top