Close

Bapenda Padang Gelar Silaturahim

DENGAR ARAHAN— Pegawai Bapenda Padang mendengarkan arahan saat menghadiri silaturahim yang digelar OPD tersebut jelang Idul Fitri lalu. (Ist)

A YANI, METRO – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang menggelar silaturahim akhir Ramadhan, jelang Idul Fitri 1440 H pekan lalu. Sekitar 500 pegawai baik PNS dan non-PNS hadir dalam acara yang digelar di Palanta Kediaman Wali Kota Padang itu. Turut hadir Wali Kota Padang Mahyeldi dan Kepala Bapenda Padang, Alfiadi.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Mulyadi Muslim yang memberikan tausyiah menyebutkan, silaturahim sangatlah bermakna, apalagi di waktu-waktu yang baik.

“Setelah Ramadhan berakhir, disunnahkan merayakan Idul Fitri. Mengekspresikan kegembiraan dengan bersilaturrahmi. Dalam narasi ke-Indonesia-an silaturrahim dimaknai dengan saling berkunjung, sungkeman dan juga membuat acara halalbihalal untuk kelompok, komunitas, lembaga swasta dan bahkan negara,” kata pengurus Yayasan Wakaf Ar-Risalah ini.

Katanya, dilihat dari segi tujuan, silaturrahim itu punya tujuan yang mulia untuk mengokohkan persaudaraan, persatuan dan membangun kebersamaan. Tapi tidak sedikit acara halalbihalal atau silaturrahim berbuah kesia-siaan dan dosa. Karena acara yang dibuat dikemas dalam bentuk hiburan, perjudian, mengumbar aurat, ikhtilat, bergunjing, dan menumbuhkan memori cinta lama.

“Inilah yang mesti diwaspadai oleh setiap muslim. Jadikan silaturrahim untuk menambah umur, membangun jaringan dan menambah rezeki. Jangan jadikan silaturrahim untuk berbuat maksiat dan menambah dosa,” kata Mulyadi yang juga ketua harian Pengurus Masjid Agung Nurul Iman Padang ini.

Kepala Bapenda Alfiadi menyebut sengaja mengumpulkan semua pegawai Bapenda jelang lebaran, agar bisa berkumpul lengkap. Kalau sudah Idul Fitri akan sulit mengumpulkan semuanya, kecuali saat masuk kerja kembali Senin (10/6). “Alhamdulillah ramai, dihadiri Pak Wali dan Ustaz Mulyadi Muslim,” katanya.

Wako Padang Mahyeldi memuji silaturahim yang digelar Bapenda Padang ini. Menurutnya silaturahim harus dilakukan di manapun seorang mukmin berada. “Mari kita sambut para perantau dengan santun dan keramahan. Supaya perantau dan pengunjung Kota Padang betah dan berkesan dengan keindahan kota, bersilaturrahim dengan keluarga,” katanya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top