Close

Banyak Rangkap Jabatan, Kepala OPD Diisi Plt, Wako Padang Siapkan Gelombang Mutasi

Hendri Septa Wali Kota Padang.

A YANI, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku sedang menyusun nama-nama pejabat yang akan dimutasi. Gelombang mutasi dilakukan dalam waktu dekat untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Padang.

“Kita sedang siapkan sekarang para pejabat yang akan dilantik dan dimutasi. Dalam waktu de­kat mutasi dilakukan,” kata Wako Hendri Septa baru-baru ini.

Seperti yang diketahui, saat ini ada beberapa po­sisi pejabat Pemko dipe­gang oleh pejabat Plt atau Plh. Seperti Kepala Dinas Pariwisata dipegang oleh Arfian yang merangkap sebagai Kepala BKPSDM. Sedangkan Sekda masih dipegang oleh Plh Edi Hasymi yang juga merangkap posisi sebagai Asisten Bidang Pemerintahan. Selain itu juga ada posisi pejabat eselon III dan IV yang masih kosong.

“Kita upayakan me­lantik pejabat yang posi­sinya masih kosong dalam waktu dekat,” sebut Hendri Septa. Namun ia belum merinci kapan akan dilak­sanakan mutasi tersebut.

Untuk diketahui, ba­nyak­nya OPD Pemko yang dijabat oleh Plh dan Plt dipertanyakan oleh DPRD Padang. Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mem­pertanya­kan pada saat ini beberapa Organisasi Perangkat Da­erah (OPD) di Pemko Pa­dang masih dijabat pelak­sana tugas (Plt).

“Yang dibutuhkan pada saat ini adalah super team dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Pa­dang. Sudah cukup lama dinas hanya dipimpin Plt. Oleh karena itu, kami meminta Pemko Padang menetapkan kepala yang defenitif dalam membantu Walikota Padang dalam menjalankan roda pemerintahan,” tegas Elly, beberapa waktu.

Ia menegaskan kekosongan jabatan yang ada menyebabkan sangat sulit dalam hal membuat keputusan jika masih diisi oleh seorang pimpinan yang masih berstatus pelaksana tugas.

“Kita lihat sendiri, Dinas Pariwisata dijabat Plt, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga diisi oleh Plt. Uniknya, banyak yang men­jadi super hero dengan merangkap dua jabatan. Selain itu, di kelurahan juga banyak lurah dan sekretaris lurah yang kosong,” ulas kader Gerindra ini.

Ia meminta Pemko Pa­dang untuk menunjuk pejabat untuk mengisi kekosongan yang ada. “Kita lihat sendiri wakil wali kota kosong, beberapa OPD diisi Plt, sekda tidak ada, hanya diisi oleh Plh. Bagaimana tujuan pembangunan Kota Padang bisa tercapai,” paparnya.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen menjelaskan pihaknya akan bicarakan ditingkat pimpinan soal hal ini dan mengikuti mekanisme yang ada.

“Kita siap musyawarahkan dengan pimpinan lain. Agar roda pemerintahan tak terganggu dan pelayanan pada warga maksimal pelaksanaannya,” tegasnya. (tin/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top