Close

Banyak Potensi, Sektor Wisata Digalakkan Menambah PAD, Lakukan Pemilihan Cik Uniang Cik Ajo dan Lomba ADW

CUCA— Ny Bupati Padangpariaman dan wabup saat acara Cik Uniang Cik Ajo (Cuca)

Pasangan Bupati Pa­­dangpariaman Suhatri Bur bersama Wakilnya, Rahmang gencar gencar­nya majukan sektor pariwisata dalam daerahnya. Berbagai cara dilakukan agar semua bjek wisata dalam kabupaten Padang­pariaman dapat menghasilan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Semua lini digerakan untuk kemajuan sektor yang memiliki banyak potensi dalam Kabupaten Padangpariaman. Mulai dari pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo  ( CuCa ) sampai lomba Anugrah Desa Wisata (AD­W) dan jenis lainnya menuju Padangpariaman Berjaya.

Kemarin, Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang pimpin rapat persiapan ajang lomba Anugerah Desa Wisata (ADWI) ta­hun 2022. Untuk menyukseskan perhelatan akbar yang diselenggarakan o­leh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) tersebut, Pemkab Padangpriaman menggelar rapat persiapannya.

Rahman mengatakan, melalui persiapan yang matang dan kerja sama kolektif dari semua pihak dan unsur terkait, ia optimis Pemkab Padang Pa­riaman mampu memper­sembahkan yang terbaik. “Semua unit kerja perangkat daerah maupun seluruh unsur terkait kita libatkan untuk menyukseskan lomba ADWI di Kabupaten Padangpariaman ini,” ungkap Rahmang, kemarin.

Bahkan ia berharap, Green Talao Park (GTP) yang didaftarkan untuk mengikuti lomba ADWI dan bersaing dengan desa wisata lainnya di Kabupa­ten/Kota seluruh Indonesia ini dapat mengepakkan sayapnya hingga men­duduki peringkat 5 besar. “Dengan persiapan yang matang dan keoptimisan, Insya Allah apa yang kita harapkan melalui ajang perlombaan ADWI ini dapat kita wujudkan,” harapnya.

Seperti diketahui ka­tanya, terdapat 7 kategori penilaian dalam lomba ADWI, yakni kelemba­gaan desa, daya tarik wisata, homestay, konten digital dan kreatif, souvenir, toilet, dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustai­na­bility).

Sementara Sekretaris Dinas Parpora Masarudin menyebutkan, pihaknya dan tentunya dengan du­kungan dan kontribusi dari unsur terkait, terus berupaya untuk melakukan pembenahan terhadap Kawasan Desa Wisata GTP yang berlokasi di Ulakan tersebut. “Kita akan terus melakukan upaya-upaya untuk memenuhi aspek-aspek penilaian De­sa Wisata sebaik mungkin, tentu dengan mendukung dan mendampingi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) GTP Ulakan menghadapi kompetisi ini,” ungkapnya.

Kemudian dalam me­ngalakan pariwisata untuk promosinya Pemkab Pa­dangpariaman melaksa­nakan lomba Cik Uniang Cik Ajo  agar mereka da­pat menjadi Duta Wisata Pa­dangpariama     m mempromosikan pariwisata dan budaya Padangpariaman. Selamat kepada a­dik- adik yang telah lolos ke grand final ini, terus tingkatkan ilmu pengetahuan, kemampuan diri  yang terpenting selalu rendah hati dan dapat menjadi duta budaya, duta karakter serta menjadi duta adat istiadat ditengah masyarakat,” katanya.

Rahmang juga menyampaikan bahwa ini bukanlah akhir akan tetapi setelah terpilihnya menjadi duta wisata Kabupaten Padang Pariaman tentu masih banyaknya tugas yang dijalankan. Dia berharap, yang jadi peme­nang Cik Uniang Cik Ajo dapat mempromosikan wisata daerah. “Setelah terpilih diharapkan bisa menjadi contoh, menempatkan posisi terkait de­ngan penampilan, perilaku, karakater sehingga duta ini betul- betul dapat dihargai dan dirasakan keberadaannya oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar­nya.

Sementara itu, Kadis Parpora Padangpariaman Muhammad Fadhly me­nyebutkan dengan adanya kegiatan pemilihan cik uniang cik ajo duta wisata ini, dapat membantu mempromosikan wisata khususnya yang ada di Kabupaten Padangpariaman. Dia menyebut, yang ikut grand final hari ini ada­lah putra putri terbaik Padangpariaman karena telah mengikuti seleksi ketat dari dewan juri. “Berharap kepada seluruh du­ta wisata dapat menjadi agen untuk mempromosikan wisata Padangpariaman dengan cara berfikir smart dan dapat menjaga kearifan lokal serta mampu membuktikan dunia digital dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan segala hal termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Grand Final Pemilihan Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata tersebut tampak dihadiri oleh Unsur Forkopimda Padangpariaman, Ketua TP PKK Kabupaten Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur,  Ketua GOW Yusnelly Rahmang, Ketua DWP Yanti Rudy Rilis, jajaran Disparpora, Camat dan Wali Nagari terkait. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top