Menu

Banyak Masalah, Ribuan Angkot Bakal Dirazia

  Dibaca : 78 kali
Banyak Masalah, Ribuan Angkot Bakal Dirazia
angkot— Angkot orange dengan desain ceper berseleweran. Dishub Padang akan segera melakukan razia besar-besaran (elia novika/posmetro)

PASARRAYA, METRO – Bulan Oktober 2019 nanti, Dinas Perhubungan Kota Padang akan melakukan razia besar-besaran terhadap semua angkot yang beroperasi di Kota Padang. Razia ini dilakukan untuk memastikan semua angkot tersebut layak jalan dan memiliki surat-surat yang lengkap.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri mengatakan saat ini ada ribuan angkot yang beroperasi. Kini masih diberi kesempatan kepada para pemilik dan sopir angkot untuk melengkapi semua surat-surat kendaraan serta menormalkan lagi tampilan angkot ke aturan standar. Acuan standar di pakai guna menghindari pemasangan asesoris berlebihan, sehingga menimbulan ketidaknyamanan pada penumpang.

“Sebelumnya kita telah rapat dengan pengusaha angkot. Saat rapat tersebut kita membahas berbagai permasalahan angkot. Nantinya kita akan merazia kelengkapan surat dan kelayakan angkot, serta membina para supir angkot yang sering ugal-ugalan,” sebut Dian.

Ia menambahkan, razia besar-besaran ini dilakukan dalam rangka melakukan pembinaan terhadap angkot-angkot di Kota Padang. Karena keberadaan mereka sangat penting sebagai penunjang transportasi di Kota Padang.

Seperti yang diketahui, hingga kini, sebagian besar warga masih mengeluhkan berbagai permasalahan pada angkot. Termasuk kebiasaan ugal-ugalan dijalan raya.
Salah seorang masyarakat, Rismasinta (40) mengaku sering melihat dan merasakan angkot yang kebut-kebutan di jalan. Apalagi supirnya masih muda dan kadang bersikap kurang ajar dan kurang sopan.

“Mereka seenaknya berhenti mendadak demi mengambil penumpang yang belum jelas akan naik angkot tersebut. Saya saja hambir ditabraknya,” cetus ibu rumah tangga ini.

Ia menambahkan, aksi kebut-kebutaan ini banyak dijumpainya pada angkot jurusan Pasarraya-Lubuk Buaya.

“Sopirnya banyak yang kurang ajar,”tandas Ris.

Ia berharap pemerintah pemerintah segera melakukan tindakan terhadap angkot yang ugal-ugalan dan melanggar tersebut, serta membina supir angkot muda yang masih labil untuk mengendara sebuah transportasi umum.

Hal yang sama disampaikan salah seorang mahasiswa UNP Padang, Ramayanti (20). Waktu itu, Rama mengaku pernah naik angkot naik di Pasarraya menuju Lubuk Buaya. Tak hanya ugal-ugalan, sang sopir menurutnya juga menerobos trafict light. “Lampu merah saja diterbosnya. Tak peduli mereka dengan keselamatan penumpang,”tandas Rama.

Hal yang sama juga dituturkan Firman. Ia justru mengaku shok melihat sopir angkot mengemudikan mobil sambil pacaran dan berbuat tak senonoh di depan publik.

“Waktu itu kejadiannya malam, saya hendak pergi ke Ulak Karang. Saat lampu merah menyala. Saya berhenti di sebelah angkot berwarna orange. Tampak di dalam angkot tersebut ada seorang cewek di sebelah supir angkot tidur. Dan supir angkot itu melalukan hal yang tidak sopan di depan umum,”katanya. (e)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional