Menu

Bantu Siswa Belajar Daring, Diskominfo Sediakan Internet Gratis

  Dibaca : 115 kali
Bantu Siswa Belajar Daring, Diskominfo Sediakan Internet Gratis
Ilustrasi

AIAPACAH, METRO
Orang tua siswa kerap mengeluh di masa pandemi Covid-19 ini. Selain memikirkan roda perekonomian keluarga, juga memikirkan pendidikan anak. Sebab di masa pandemi ini, proses belajar mengajar berpindah dari sekolah ke rumah masing-masing.

Belajar di rumah tidak seperti di sekolah. Mesti menggunakan internet alias belajar dalam jaringan (daring). Apalagi, peran guru mesti digantikan oleh orang tua di rumah. Akibatnya, banyak orangtua yang ‘pusing tujuh keliling’, mesti memikirkan biaya untuk internet, sekaligus menjadi guru bagi anak-anaknya.

Melihat kondisi yang serba sulit itu, Pemko Padang menyediakan internet gratis bagi warganya. Pekan kemarin, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang memasang sekaligus meresmikan penggunaan internet gratis di rumah ibadah. Program itu disebut dengan Freenet serta Gebunet.

“Kita tidak ingin orang tua kesulitan di masa pandemi ini, makanya kita berinisiatif membantu memasang internet di rumah ibadah agar siswa dapat belajar di sana,’’ ujar Kepala Diskominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy.

Ia menambahkan, program ‘’Freenet’’ merupakan pemasangan internet gratis yang diberikan kepada satu masjid di satu kecamatan di Kota Padang. 11 masjid dipasangi internet gratis yang biayanya dibebankan kepada Diskominfo Padang.

“Launchingnya sudah dilakukan Wali Kota Padang di Masjid Darul Huda, Perundam, Siteba, kemarin ini,’’ sebut Rudy Rinaldy didampingi Sekretarisnya, Tarmizi Ismail.

Sementara program Gerakan Seribu untuk Jaringan Internet atau Gebunet terangnya, merupakan pemasangan internet di rumah ibadah di Kota Padang yang biayanya dibebankan kepada warga sekitar masjid atau mushalla. Nantinya warga sekitar masjid atau mushalla iuran sebesar Rp1000 tiap rumah perhari.

“Sedangkan biaya pemasangan awal sudah dibiayai oleh donatur dan Diskominfo sendiri,” sebut Kadis.

Program Gebunet dilaunching Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Mushalla Ikhwanul Muslimin, Karan, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Esensi dari program ini yakni mengajak warga untuk saling bergotong royong membantu sesama agar proses belajar mengajar anak didik tidak terganggu di masa pandemi.

Menurut Mahyeldi, program Gebunet dan Freenet merupakan solusi di masa Covid-19. Karena proses belajar mengajar di masa pandemi tidak boleh berhenti. Mahyeldi pun berencana, setelah memasang internet gratis di masjid dan mushalla, nantinya pihaknya akan memasang internet gratis di sekolah-sekolah di Kota Padang. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional