Menu

Bantu Penanganan Covid 19 di Sumbar, Muhammadiyah Sebut Gelontorkan Dana Miliaran Rupiah

  Dibaca : 163 kali
Bantu Penanganan Covid 19 di Sumbar, Muhammadiyah Sebut Gelontorkan Dana Miliaran Rupiah
Shofwan Karim Elha

PADANG, METRO–Ketua Pimpinan Wi­layah (PW) Muhamma­diyah Sumbar, Shofwan Karim Elha, meluruskan tentang adanya partisipasi seluruh warga Muhammadiyah di seluruh In­donesia.Dari masa awal pandemi, jika dikalkulasi mencapai angka 1 triliun rupiah.

Ia menjelaskan, untuk di Sumbar kisaran sumba­ngan warga Muhamma­diyah selama covid19 tidak seluruhnya dalam bentuk uang, namun dalam ber­bagai bentuk program kegi­atan yang dilaksanakan oleh Muhammadyah.

Khusus Sumatera Barat sebut Shofwan Karim, bantuan dalam bentuk u­ang serta berbagai bentuk program mencapai puluhan milyar.  Se­perti pakai­an Alat Pe­lindung Diri (A­PD) untuk tenaga kese­hata­n (nakes), pembagian masker, handsanitizer, pro­gram penyemprotan disinfektan, pembagian sembako maupun nan­ti juga akan dilakukan vaksinasi.

“Akan tetapi kita jarang mengekspos ke media apa yang telah kita lakukan selama pandemi co­vid 19 ini.” katanya Ra­bu (4/8)

Ia mengatakan, untuk penanganan covid19 saat ini ada  Muhammadiyah Covid Command Center ( MCCC). Jadi bantuan yang dikalkulasi mencapai angka 1 Triliun rupiah itu bukan seperti bantuan yang  Akidi Tio yang viral itu.

“Namun Muhammadiyah real menyalurkan ban­tuan yang dikalkulasikan oleh PB Muhamma­diyah Pusat selama pandemi hingga saat ini,” sebutnya.

Hal senada dikatakan Solsafad, Ketua MCCC ( Muhammadiyah Covid Com­mand Center). Ia me­ngatakan, di Sumatera Ba­rat partisipasi bantuan selama Covid19 tersebut telah dilakukan sejak mewabahnya virus corona hingga saat ini.

“Melalui MCCC telah dilakukan 10.000 paket  sembako kepada masya­rakat di Masjid warga Muhammadiyah yang terbesar di Seluruh Sumbar. Termasuk bantuan APD, mas­ker, handsanitizer dan mem­bantu puluhahan panti-panti asuhan se- Sumatera Barat, “katanya.

Kemudian melalui Lem­baga Amil Zakat  Muhammadiyah ( Lazismu) sebut Solsafad, juga turun membagikan sembako mau­pun progam penanganan covid.

“Jadi MCCC di bentuk semua Kabupaten Kota se- Sumbar. Lazismu memu­ngut infak zakat dan sedekah membantu yang terdampak covid untuk ustad yang terdampak covid mau­pun panti-panti asuhan,  “ungkapnya.

Untuk kegiatan, terbaru ada penyaluran hewan kurban pada hari raya idul adha dan akan melakukan vaksinasi massal.

“Mendukung program pemerintah, Muhamma­diyah Sumbar akan me­lakukan vaksinasi massal yang akan diadakannya, Insya Allah di Kampus  Universitas Muhamma­diyah jalan pasia Kandang, Kecamatan Koto Tangah 18 Agustus mendatang. Semua elemen warga Muhammadiyah akan melakukan vaksinasi, untuk pertama target kita 500 orang yang akan divaksin,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Lem­baga Pengembangan Cabang dan Ranting (LP­CR) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jamaludin Ahmad Memuji partisipasi aktif warga Muhamma­diyah di tingkat Cabang dan Ranting dalam mena­ngani pandemi.

Di acara webinar MC­CC dan LPCR PP Muhammadiyah, Selasa (29/6), Jamaludin memperkirakan donasi yang telah dilakukan oleh seluruh warga Muhammadiyah di seluruh Indonesia dari masa awal pandemi jika dikalkulasi mencapai angka 1 Triliun rupiah.

“Itu terbukti bagaimana kita habis-habisan dana untuk pandemi Covid. Yang dari Perguruan Tinggi (Muhammadiyah), dari Rumah Sakit (Muhammadiyah) saja kita 400 Milyar. Itu belum dari Cabang-Ranting se-Indonesia yang kalau dijumlah bisa 1 Triliun le­bih. Jadi coba bapak-bapak di Cabang Ranting jumlah itu. Kalau dilaporkan ke PDM, dilaporkan ke PWM, betul-betul berbasis Cabang dan Ranting, semuanya dihitung. Saya yakin itu dana­nya 1 Triliun lebih, lebih besar dari yang tertulis di media masa selama ini yaitu hampir 400 Milyar,” kata Jamaludin.

Secara resmi, Muhammadiyah dalam penanganan pandemi berdasarkan data Muhammadiyah Co­vid-19 Command Center per 8 Juni 2021 adalah mencapai Rp346 Milyar.

Kisaran angka 1 Triliun yang disinggung oleh Jamaludin adalah angka ka­sar yang diperkirakan dari kumulasi kinerja aktif Cabang dan Ranting yang sebagian besar berasal dari inisiatif kantong pribadi o­rang per o­rang. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional