Menu

Bantu Orang Tua Pantau Aktivitas Anak di Sekolah, Telkomsel Luncurkan Aplikasi SISKA dengan SMA DEK

  Dibaca : 468 kali
Bantu Orang Tua Pantau Aktivitas Anak di Sekolah, Telkomsel Luncurkan Aplikasi SISKA dengan SMA DEK
LAUNCHING— Manager Branch Telkomsel Padang Mulyadi Indra bersama Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Busharman Bur, Pimpinan Yayasan DEK Padang Prawira Salim, meneken tombol saat launching Aplikasi SISKA di lingkungan SMA, SMK, SMP DEK Padang, Senin (8/1) pagi.

PADANG, METRO – Tingginya pengguna layanan digital pada kalangan siswa mendorong Telkomsel memanfaatkan aplikasi mobile digital untuk menunjang pendidikan. Melalui penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pendidikan (SISKA), Telkomsel mendukung penuh peningkatan kualitas pendidikan melalui penerapan layanan digital pada siswa sekolah.

Hal itu diungkap Manager Branch Telkomsel Padang Mulyadi Indra, saat launching aplikasi program SISKA di lingkungan SMA, SMK, SMP DEK Padang, Senin (8/1) pagi. SMA, SMK dan SMP DEK Padang ini merupakan sekolah pertama yang memakai aplikasi SISKA di Sumbar.

“Apresiasi kami berikan untuk Yayasan DEK karena menjalin kerja sama dengan Telkomsel dalam bidang mobile digital. Dua bulan lalu disosialisasikan aplikasi ini kepada siswa, orang tua dan guru, sambutannya luar biasa,” kata Mulyadi Indra.

Kerja sama Telkomsel Padang dengan SMA, SMK, SMP DEK Padang akan memberikan pelayanan akademis bagi siswa dengan berbasis aplikasi. Sehingga diharapkan dengan hadirnya sistem informasi berbasis aplikasi dapat membantu orang tua dan guru untuk lebih mudah memantau aktivitas siswa pada lingkungan sekolah.

Dijelaskan, banyak sekali fitur pada aplikasi SISKA, mulai dari absensi kehadiran siswa menggunakan TAP TCash. Siswa cukup melakukan TAP menggunakan ponsel yang sudah memiliki stiker TCash TAP pada mesin absensi dan informasi kehadiran siswa akan tercatat di sistem serta akan terkirim ke orang tua dan guru.

”Orang tua juga bisa tahu apa anaknya sudah sampai sekolah atau belum. Kepala sekolah, ketua yayasan juga tak perlu repot mengecek setiap kelas untuk kehadiran siswa. Cukup melihat dashboard atau monitor besar yang memerlihatkan absensi siswa,” ulas Mulyadi Indra.

Selain itu, para siswa juga dapat memperoleh beragam informasi pendidikan mulai dari jadwal ujian, nilai ujian, kegiatan sekolah, hingga informasi tentang mata pelajaran. Tidak hanya itu, aplikasi SISKA juga sudah dilengkapi dengan panic button.

”Fitur ini juga luar biasa, karena dengan fitur panic button ini, dapat digunakan siswa untuk memberikan informasi darurat kepada guru dan orang tua saat siswa atau siswi mengalami tindakan kekerasan atau bullying di sekolah. Telkomsel berharap kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi para siswa untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan akademis di SMA, SMK dan SMP DEK Padang.

Ke depan, kata Mulyadi, diharap implementasi SISKA tidak hanya di Yayasan DEK, tapi juga sekolah lain di Kota Padang. Sampai saat ini direncanakan ada dua sekolah lain yang tengah dilakukan komunikasi intens untuk aplikasi ini. “Ada SMA Adabiah dan SMA 3 Padang. Mudah-mudahan segera terwujud, karena Telkomsel ingin meningkatkan engagement, brand awareness, serta memperkenalkan sistem digital di youth segment,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur yang melakukan launching SISKA, mengapresiasi inovasi dari Telkomsel dalam mendukung dunia pendidikan di Kota Padang, dan Sumbar umumnya. “SMA DEK dengan aplikasi SISKA bisa menjadi contoh bagi SMA, SMK di Sumbar.

Sekarang dunia digital. Anak-anak milenial tak bisa kita lepaskan dari gadget di tangan. Yang perlu diingat, dunia digital jangan sampai merusak, tapi diambil positifnya. Seperti aplikasi SISKA yang memperpudah komunikasi antara guru, murid dan orang tua,” tutur Burhasman.

Dijelaskan mantan Kepala Dinas Pariwisata ini, dalam dunia digital yang diperlukan itu disiplin. Contoh, di Eropa, meski sudah jam 12 malam, jika pengendara berada di traffic light pasti akan berhenti. ”Mereka disiplin, karena di sana sudah sistem digital. Beda dengan kita di sini, kalau sudah malam, lampu merah diterobos saja,” seloroh Burhasman.

Sementara Pimpinan Yayasan DEK Padang, Prawira Salim mengaku, banyak manfaat dari SISKA. Komunikasi siswa, guru dan orang tua lebih lancar. Telkomsel memiliki inovasi untuk kemajuan pendidikan di Sumbar.

“Manfaat lain SISKA para siswa dapat memeroleh beragam informasi pendidikan mulai dari jadwal ujian, nilai ujian, kegiatan sekolah, hingga informasi tentang mata pelajaran. Semua sudah serba digital dan mudah,” pungkas Prawira Salim. (ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional