Close

Bantu Korban Gempa Cianjur, Sutan Riska: Dharmasraya Bakal Kirim Satu Ton Rendang Terbaik

MERANDANG—Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan Bersama Dandim 0310 Letkol Inf Hendik dan Sekda Adlisman saat ikut Marandang yang dikirimkan ke Lumajang tahun 2021 lalu.

DHARMASRAYA, METRO–Guna meringankan beban warga Kabupaten Cian­jur, Provinsi Jawa Barat yang mengalami mu­si­bah gempa bumi pada Senin 21 November lalu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya di bawah komando Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama bundo kanduang akan kirim satu ton rendang untuk meringankan beban korban gempa bumi tersebut.

Segala persiapan untuk Marandang ini telah dimulai, pengiriman satu ton rendang ini diawali dengan kegiatan “Dharmasraya Marandang” yang akan dilaksanakan di Sentra IKM Logam Gunung Medan, yang waktunya dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melalui zoom meeting dengan Sekda dan kepala OPD pada Rabu (23/11), memerintahkan jajaran untuk segera mematangkan kegiatan agar niat baik ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga yang terdampak gempa di Cianjur.

“Satu tahun lalu aksi satu ton rendang kita sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Lumajang korban erupsi Gunung Semeru, oleh karena itu kita juga harus hadir untuk meringankan beban saudara kita di Cianjur dengan aksi yang sama”, ujar Sutan Riska

Sutan Riska menyebutkan, selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Ia sudah berkomunikasi aktif dengan sejawat bupati di seluruh daerah untuk membicarakan apa aksi yang diperlukan untuk meringankan korban gempa Cianjur. “Nah, saya selaku Ketum Apkasi yang berasal dari ranah minang, berkomitmen untuk mengirimkan masakan terbaik dari sini untuk saudara-saudara kita di sana”, ungkapnya.

Oleh karena itu ia meminta Sekda untuk menggalang donasi dari semua pihak di Kabupaten Dharmasraya agar rendang yang dikirimkan bisa melebihi satu ton. “Karena nama yang kita bawa ini adalah Dharmasraya secara keseluruhan, maka Pak Sekda saya minta untuk berkoordinasi dengan TNI/Polri, atau instansi vertikal lainnya, termasuk juga DPRD, serta semua yang ingin ikut berpartisipasi, agar kegiatan ini kita sukseskan secara bersama,” pintanya.

Sutan Riska juga meminta agar rendang yang dikirim nantinya mempunyai kualitas dan cita-rasa yang tinggi, untuk itu ia memerintahkan agar setiap OPD mendatangkan juru masak terbaik.

Sementara itu, Sekda Dharmasraya, Adlisman, mengatakan memasak sa­tu ton rendang bertajuk “Duka Cianjur Duka Indonesia” itu juga akan  melibatkan seluruh OPD, camat, PGRI, Wali Nagari, bundo kanduang, dan pihak terkait lainya.

Menurutnya rendang tersebut akan dikirim secepatnya setelah proses memasak dan pengemasan selesai, pelepasan pengiriman satu ton rendang akan dilakukan langsung oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Menurutnya, bantuan yang diberikan itu nantinya mungkin tidak seberapa nilainya, dibandingkan penderitaan masyarakat yang terdampak. Namun, semua adalah niat ikhlas sebagai bentuk solidaritas sesama warga Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengajak semua pihak di Kabupaten Dharmasraya bersama-sama membantu meringankan beban warga yang terdampak gempa bumi Cianjur

“Dengan pemerintah telah bergerak hari ini diharapkan masyarakat juga ikut serta, baik itu secara individu, kelompok masya­ra­kat, organisasi masyara­kat dan kepemudaan,” ha­rap­nya

Sebelumnya, Bupati Dhar­mas­raya, Sutan Riska Tuan­ku Kerajaan, juga telah menyampaikan ucapan duka yang mendalam atas gempa dengan Magnitudo 5.8 Skala Richter yang telah merenggut ratusan korban jiwa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top