Menu

Bantu Belajar Daring Siswa, Mushalla Ikhwanul Muslimin Karan Dipasangi Wifi

  Dibaca : 321 kali
Bantu Belajar Daring Siswa, Mushalla Ikhwanul Muslimin Karan Dipasangi Wifi
WIFI GRATIS— Kadis Kominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy meninjau Mushalla Ikhwanul Muslimin. Saat ini, mushalla tersebut telah dipasangi wifi gratis.

RAWANG, METRO
Mushalla Ikhwanul Muslimin yang berada di Karan RT 03/RW 12 Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan dipasangi wifi gratis. Warga sekitar pun bisa menikmati wifi di masa pandemi. Untuk keberlangsungan jaringan wifi di mushalla ini, warga menerapkan program Gerakan Menabung Seribu untuk Jaringan Internet atau Gebunet. Gerakan ini dinisiasi oleh Diskominfo Padang dengan tujuan setiap masjid memiliki jaringan internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Padang, Rudy Rinaldy mengatakan program Gebunet ini menjadi percontohan bagi warga sekitarnya. “Gebunet intinya agar warga menambung seribu setiap rumah untuk internet guna pembelajaran daring,” ujar Rudy Rinaldy, Kamis (17/9).

Dengan Gebunet tersebut terang Rudy, warga juga tidak terisolir oleh jaringan internet dan pembelajaran daring siswa ikut terbantu. Menurutnya, tidak hanya Mushalla Ikhwanul Muslimin, nantinya mushalla maupun masjid lainnya juga melakukan hal yang sama.

Sementara Lurah Rawang, Kecamatan Padang Selatan Andi Amir mengatakan gerakan seribu untuk internet atau Gebunet telah mengajarkan warga untuk ikut menyukseskan pembangunan.

“Wifi ini tetap jalan dengan iuran dari warga. Iuran untuk Gebunet ini mengajarkan masyarakat tentang kebersamaan dan bagian menyukseskan pembangunan,” ungkap Andi Amir.

Ia menjelaskan, jaringan wifi di Mushalla Ikhwanul Muslimin ini dipakai oleh 30 siswa SD, 15 orang siswa SMP dan 10 orang siswa SMA. “Pemuda Karan juga membentuk tim untuk melakukan pengawasan pemakaian wifi serta juga memberikan pembelajaran. Untuk biaya wifinya berasal dari orang tua murid dengan iuran setiap hari Rp1000,” ujarnya.

Andi Amir berharap tidak hanya mushala tersebut, program serupa juga ada di seluruh masjid di Rawang dan fasilitas umum lainnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional