Close

Bantai Liverpool 4-0, Manchester United Menangkan Bangkok Century Cup 2022

THAILAND, METRO–Manchester United me­ngawali pra musim mereka dengan hasil men­te­reng. Berhadapan dengan Liverpool di Rajamangala Stadium, Bangkok, Thailand Selasa (12/7) malam, Setan Merah berhasil menang dengan skor telak 4-0.

Manchester United ung­gul terlebih dahulu berkat gol Jadon Sancho, Fred dan Anthony Martial. Sementara di babak kedua MU menambah keunggulan berkat gol Facundo Pellistri.

Pertandingan yang di­gelar di Rajamangala Stadium itu dimulai dengan tempo cepat. Kedua tim sama-sama melakukan ju­al beli serangan dengan cepat sejak awal.

Peluang berbahaya di laga ini lahir dari tenda­ngan keras Luis Diaz dari sisi kiri pertahanan MU. Namun tembakannya sukses digagalkan oleh David De Gea.

Dua menit berselang, Manchester United sukses membuka keunggulan. Me­manfaatkan kemelut di depan gawang Liverpool, Jadon Sancho melepaskan tembakan placing mendatar yang gagal dijangkau Alisson. Skor berubah men­jadi 1-0 untuk keunggulan Manchester United.

Unggul satu gol membuat MU kian bersemangat untuk menyerang. Di menit 17, Marcus Rashford sukses melepaskan tembakan mendatar yang melebar tipis dari gawang Liverpool.

Liverpool sempat me­ngancam satu menit kemudian melalui tembakan keras Luis Diaz dari luar kotak penalti. Namun dewi fortuna menyertai MU sehingga bola hanya me­ngenai tiang gawang.

Setelah melakukan se­jumlah jual beli serangan, United sukses menggandakan keunggulan di menit ke-30. Berawal dari Anthony Martial yang terjatuh di kotak penalti, sang pe­nyerang mengirimkan umpan ke belakang dan Fred langsung melepaskan tembakan chip yang masuk ke gawang Alisson. Skor be­rubah menjadi 2-0 untuk keunggulan MU.

Tiga menit berselang, giliran Anthony Martial yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari kesalahan lini pertahanan Liverpool, Martial sukses merebut bola lalu berlari dan berhadapan satu lawan satu dengan Alisson sebelum ia menceploskan bola ke gawang. Skor 3-0 berubah menjadi keunggulan MU.

MU nyaris mencetak gol keempat melalui Diogo Dalot yang berhasil memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Liverpool. Namun bola tembakannya hanya mengenai mistar gawang.

Skor 3-0 bertahan bagi keunggulan Manchester Unggul di babak pertama.

Di babak kedua, Erik Ten Hag melakukan pergantian total di seluruh timnya. Kecuali David De Gea, seluruh starting XI MU diubah di babak kedua.

Di babak kedua ini, situasinya cukup berbeda. Li­verpool tampil lebih menekan, sehingga Manchester United harus bertahan di area pertahanan mereka sendiri.

Meski tampil menekan, Liverpool kesulitan membuat peluang yang berbahaya di laga ini. Sementara MU kesulitan untuk me­ngalirkan bola ke depan.

Selepas 10 menit babak kedua, Jurgen Klopp me­ngubah susunan pemainnya. Pemain-pemain inti seperti Fabinho, Trent Alexander-Arnold, Thiago Alcantara, Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Ibrahima KOnate dan Naby Keita dimasukkan untuk menghadapi MU.

Masuknya pemain inti Liverpool ini sedikit ba­nyak mengubah jalannya laga. Peluang berbahaya pertama di laga ini lahir dari se­pakan Darwin Nunez di menit 70, namun bola berhasil digagalkan oleh Tom Heaton yang beberapa menit sebelumnya masuk menggantikan David De Gea.

Saat Liverpool asyik me­nyerang, malah The Reds kebobolan. Berawal dari Eric Bailly yang berhasil merebut bola, ia mengalirkan bola dengan cepat ke depan.

Facundo Pellistri mela­kukan 1-2 dengan Amad Diallo dan ia berhasil berhadapan satu lawan satu dengan Adrian, dan sang winger muda tidak kesulitan menjebol gawang Adrian. Skor berubah menjadi 4-0 untuk keunggulan MU.

Unggul satu gol lagi membuat MU yang bermain bertahan mulai berani maju menyerang. Mereka memanfaatkan sera­ngan-serangan balik untuk mengancam gawang Li­verpool.

Liverpool sendiri punya peluang emas di menit 86. Mohamed Salah melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti namun bola hanya mengenai tiang gawang. Bola pantul mendarat ke kaki Darwin Nunez, namun sang stri­ker menendang bola terlalu keras.

Di masa injury time, Li­verpool punya peluang e­mas untuk memperkecil ke­ter­tinggalan melalui se­pa­kan Mohamed Salah dari sudut sempit, namun bola berhasil dipatahkan oleh Tom Heaton. Skor 4-0 bertahan bagi kemenangan MU.

Baik Manchester United dan Liverpool akan meninggalkan Thailand setelah laga ini. Mereka akan me­lanjutkan pra musim di negara berbeda.

Manchester United a­kan terbang ke Australia. Pada Jumat ini mereka dijadwalkan berhadapan de­ngan Melbourne Victory pada hari Jumat (15/7) siang.

Sementara Liverpool akan melanjutkan perjala­nan ke Singapura. Mereka akan berhadapan dengan Crystal Palace pada hari Jumat juga. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top