Close

Bank Nagari Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Pasbar dan Pasaman

BANTU PASAMAN— Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra didampingi Komisaris Manar Fuadi menyerahkan bantuan untuk korban gempa Pasaman kepada Bupati Pasaman, Benny Utama, Rabu (2/3).

PADANG, METRO–PT Bank Nagari terus me­nunjukkan kepeduliannya terhadap korban bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman. Bank milik Pemda Sumbar itu kem­bali menyalurkan bantuan, ­Rabu (2/3). Bantuan tersebut merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya disalur­kan pada 26 Februari lalu.

 Untuk di Kabupaten Pasbar, bantuan ­diserah­kan Direktur Operasional Bank Nagari, Syafrizal yang didampingi Komi­saris, ­Edrizanof, Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan sekaligus Ketua Tim Reaksi Cepat Bank Nagari Tanggap Bencana (TRC BNTB) Kantor Pusat, Idrianis, Pe­mimpin Divisi SDM, Zilfa Efrizon, Pemimpin Cabang (Pinca) Simpang Empat, Hendri Masri, Pinca Ujung ­Gading­Pasaman, Wandra Martha Edi, dan TRC BNTB kantor pusat.

BANTU PASBAR— Direktur Operasional Bank Nagari Syafrizal didampingi Komisaris Edrizanof dan lainnya menyerahkan bantuan untuk korban gempa Pasbar kepada Bupati Pasbar Hamsuardi, Rabu (2/3).

 Bantuan tersebut dite­rima Bupati Pasbar, Hamsuardi yang didampingi Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar.

 Sementara di Kabupaten Pasaman, bantuan diserahkan oleh Direktur Kre­dit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra yang didampingi Komisaris Bank Nagari, Manar Fuadi, Pinca Bank Nagari Lubuksikaping, Hendri Suhairi, Pinca Tapus, M. Riza Harry Su­santo, dan Zenovia Eka De­frizon (Pemimpin Cabang Tapus periode sebe­lum­nya) serta TRC BNTB kantor pusat kepada Bupati Pasaman, Benny Utama.

 Selain itu di Kabupaten Pasaman juga diserahkan bantuan dari Ikatan Wanita Bank Sumatera Barat (IWABA) yang diserah­kan oleh Ira Gusti Candra dan diterima langsung Ketua Tim PKK Kabupaten Pasaman, Susi Benny Utama.

 Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Muhamad Irsyad mengatakan, pada penyaluran bantuan tahap pertama tanggal 26 Februari lalu, bantuan yang dibe­rikan merupakan langkah cepat dari Bank Nagari untuk membantu masyara­kat yang terdampak bencana gempa bumi.

 “Pada saat itu dilakukan percepatan pemberian bantuan langsung da­lam bentuk makanan seperti beras, air mineral, susu, roti kaleng melalui TRC BNTB cabang Simpang Em­pat dan Cabang Lubuksikaping yang dikomandoi langsung oleh Pinca masing-masing,” jelasnya.

 Kemudian, pada bantuan yang kedua ini, manajemen Bank Nagari berserta jajaran turun langsung ke Kabupaten Pasbar dan Pa­sa­man untuk melakukan pe­nyerahan bantuan. Total bantuan yang diberikan untuk masing-masing ka­bu­paten adalah sebesar Rp150 juta.

 Irsyad mengungkapkan, jenis bantuan yang diberikan ada dua yakni pertama dalam bentuk uang tunai sebesar Rp100 juta yang difokuskan untuk keperluan perbaikan seko­lah dan rumah ibadah.

 Selanjutnya, bantuan yang diberikan berupa barang-barang kebutuhan bagi para pengungsi seperti beras sebanyak satu ton, air mineral 400 kotak, selimut 125 pak, sarung 125 buah, handuk125 pak, sar­den kaleng, susu ultra untuk anak dewasa, dan krim penangkal nyamuk.

 “Barang-barang tersebut diberikan dalam jumlah nominal sebesar Rp 50 juta. Barang-barang itu dipilih berdasarkan hasil koordinasi dengan dua Pemkab terkait kebutuhan yang paling diperlukan saat ini bagi korban pengungsi,” kata Irsyad.

 Selain menyalurkan bantuan, dalam kesempatan tersebut manajemen Bank Nagari juga menyempatkan waktu untuk melihat kondisi karyawan Bank Nagari yang terdampak gempa dan meninjau kondisi terkini kantor cabang dan cabang pembantu di dua kabupaten tersebut.

 Terakhir Irsyad berharap dengan bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat dan juga membantu dua Pemkab dalam upaya percepatan pemulihan pascagempa tersebut.

 Bupati Pasaman Barat Hamsuardi berterima ka­sih atas bantuan yang terus digelontorkan Bank Nagari kepada para korban gempa pasbar. “Alhamdulillah, terima kasih kepada Bank Nagari yang memberikan bantuan tidak hanya sembako, juga perleng­kapan pengungsi sampai biaya Pendidikan,” katanya.

 Bupati Pasaman Benny Utama juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Bank Nagari untuk korban gempa bumi dan ta­nah longsor di Pasaman. “Semoga Bank Nagari terus bisa berkiprah dengan baik untuk membantu pere­konomian masyarakat Sum­­bar,” katanya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top