Menu

Bank Nagari jadi Penyalur Kredit Kepemilikan Rumah Terbaik Nasional

  Dibaca : 121 kali
Bank Nagari jadi Penyalur Kredit Kepemilikan Rumah Terbaik Nasional
DIREKSI—Direksi Bank Nagari (ki-ka), Direktur Operasional Syafrizal, Direktur Kepatuhan Restu Wirawan, Direktur Utama M Irsyad, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra dan Direktur Keuangan Sania Putra.

PADANG, METRO–Bank Pemba­ngu­nan Daerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari kem­bali mendapatkan apresiasi dan penghargaan bergengsi level nasional. Bank kebanggaan ma­syarakat dan pemerintah Sumbar ini dinobatkan sebagai bank penyalur kre­dit pemilikan rumah ber­subsidi kepada ma­sya­rakat berpenghasilan ren­dah (MBR), yang akrab disebut KPR-FLPP dengan performa terbaik.

Penghargaan berda­sar­kan performa penyalu­ran sampai dengan kuartal III tahun 2021. Diumumkan oleh Kementerian Peker­jaan Umum dan Peruma­han Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) di sela-sela kegia­tan evaluasi yang diseleng­garakan pada  26- 27 Agus­tus 2021 di Hotel Four Points By Sheraton Bandung, diha­diri secara virtual di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut tidak sembarangan dan tidak diperoleh dengan mudah. Karena penilaian dilakukan berdasarkan 12 parameter, yaitu lama wak­tu tunggu user aplikasi Sikasep, kepatuhan pe­nyam­paian berkas asli, so­sialisasi dan edukasi, kete­pa­tan sasaran penyaluran dana FLPP, tindak lanjut surat peringatan, penyia­pan plat KPR sejahtera sesuai format, penyediaan seluruh data penyaluran dana FLPP, perubahan data debitur, penyampaian data debitur aktif, penyampaian rekening koran tepat wak­tu, rekonsiliasi dan jadwal angsuran serta pelunasan dipercepat.

Setelah dilakukan ter­ha­dap 41 bank pelaksana FLPP secara nasional yang terdiri dari 10 bank umum nasional dan 31 Bank Pem­bangunan Daerah, maka dinobatkanlah 3 bank de­ngan performa terbaik yai­tu Bank Nagari, Bank Ta­bungan Negara (BTN) dan Bank Jambi Syariah.

Penghargaan bergeng­si juga diraih oleh Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari yaitu termasuk ke­pada salah satu dari 10 bank yang ditetapkan ter­baik dari sisi parameter layanan berupa kecepatan dalam merespon daftar antrian aplikasi SiKasep dan kepatuhan penyam­paikan berkas asli sekali­gus sosialisasi.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad didampingi Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra memaparkan beberapa stra­­­tegi yang dilakukan Bank Nagari dalam mening­katkan kualitas dan kuan­titas penyaluran KPR-FLPP kepada nasabah dan ma­syarakat yang membu­tuhkan.

“Yaitu melakukan pe­nyempurnaan sistem dan teknologi untuk memu­dah­kan akses nasabah dan percepatan pelayanan, gen­car melakukan sosiali­sasi dan edukasi tentang KPR-FLPP kepada masya­rakat berpenghasilan tetap maupun masyarakat non fix income group, melaku­kan sosialisasi dan kerja sama dengan pengem­bang (developer) perumahan dan asosiasinya seperti REI (Real Estate Indonesia) Sumbar,” kata M Irsyad.

Selanjutnya, katanya, menyediakan staf khusus untuk melayani dan me­ngelola KPR di seluruh kantor pelayanan kredit/pembiayaan yang tersebar di Sumbar dan di luar Sum­bar. Menyediakan fasilitas kredit dan pembiayaan modal kerja Konstruksi Perumahan kepada pe­ngem­bang, melakukan pa­meran, pemasaran secara digital melalui media sosial dan group-group aplikasi komunikasi online.

“Juga aktif mengikuti kegiatan yang dikoordinir oleh Kementerian Pe­ker­jaan Umum dan Peruma­han Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP),” katanya.

Gusti Candra menam­bahkan, pada ini Bank Na­gari mendapatkan target penyaluran KPR-FLPP dari pemerintah sebanyak 1.100 unit yang terdiri dari 900 unit untuk Bank Nagari Konvensional dan 200 unit untuk Unit Usaha Syariah. Realisasi penyaluran oleh Bank Nagari sampai de­ngan posisi tanggal peni­laian yaitu tanggal 24 Agus­tus 2021 mencapai 770 unit untuk konvensional dan 203 unit oleh Unit Usaha Sya­riah, sehingga total KPR-FLPP yang sudah disalur­kan Bank Nagari mencapai 973 unit rumah dengan nilai plafond sekitar Rp 99 miliar.

“Pemerintah membe­rikan target penyaluran sampai dengan Kuartal III Tahun 2021 kepada Bank Nagari Konvensional ada­lah minimal 720 unit, dan Bank Nagari mampu me­realisasikannya sebanyak 770 unit atau 106,94 persen dari Target yang diberikan. Tak kalah bagusnya di Unit Usaha Syariah, dimana dari minimal 150 unit target penyaluran s.d. Kuartal III Tahun 2021 yang diberikan, maka Unit Usaha Syariah Bank Nagari mampu me­realisasikannya sebanyak 203 unit rumah atau sebe­sar 135,33 persen,” katanya.

M Irsyad menerang­kan, dengan kinerja penya­luran yang bagus tersebut dan mem­perhatikan masih tingginya permintaan ma­syarakat akan pembiayaan peruma­han, maka saat ini Bank Nagari telah menga­jukan penambahan kuota sebe­sar 120 unit rumah lagi ke­pada Kementerian Pe­ker­jaan Umum dan Peru­ma­­han Rakyat (PUPR) me­la­lui Pusat Pengelolaan Da­na Pembiayaan Peruma­han (PPDPP). “Sebelumnya pa­da bulan Juli 2021 yang lalu Unit Usaha Syariah Bank Nagari juga telah menda­patkan tambahan kuota sebanyak 50 unit,” katanya.

M Irsyad dan Gusti Can­dra mengucapkan teri­ma kasih kepada seluruh Pe­merintah Daerah di Su­matera Barat melalui di­nas-dinas terkait dan juga teri­ma kasih kepada ma­sya­ra­kat dan nasabah umum yang telah mempercayakan kebutuhan pembiayaan pe­rumahannya kepada Bank Na­gari. Apresiasi juga di­sam­paikan kepada seluruh pengembang (developer) yang berada di Sumbar dan di luar Sumbar yang sudah bekerja sama dan mem­berikan konstri­busi se­hing­ga Bank Nagari berhasil mendapatkan peng­har­ga­an bergengsi ini. Diha­rapkan sinergi ini berlanjut dan semakin erat ke depannya.

M Irsyad menyam­pai­kan, Bank Nagari akan te­rus menciptakan inovasi-inovasi produk untuk me­ngakomodir berbagai kebu­tuhan masyarakat. Dia juga mohon dukungan serta si­nergi dari stakeholder pe­rumahan terkait untuk ikut melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Pe­nyaluran KPR FLPP ini k­e­pa­da pe­gawai dan masya­rakat umum serta wiras­wasta yang membutuhkan rumah pertama yang layak huni.

“Harapan Bank Nagari tentu saja dengan penya­luran KPR FLPP di Bank Nagari dapat membantu masyarakat berpengha­silah rendah untuk memiliki rumah idaman keluarga tercinta,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional