Close

Bank Nagari Dukung Tanahdatar Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan Syariah

berfoto bersama— Bupati Tanahdatar Eka Putra berfoto bersama dengan para tamu undangan usai kegiatan Edukasi dan Literasi Keuangan Syariah, kemarin (7/9) di Emersia Hotel Batusangkar.

TANAHDATAR, METRO–Pemkab Tanahdatar bersama Bank Nagari me­ng­gelar kegiatan Edu­kasi dan Literasi Keuangan Sya­riah di Emersia Hotel Batusangkar, Rabu (7/9). Kegiatan ini bertujuan me­ningkatkan pemahaman masyarakat tentang transaksi keuangan syariah.

Kegiatan edukasi dan literasi keuangan syariah tersebut sengaja mengangkat tema, Keuangan Sya­riah yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Diharapkan dengan tema tersebut, sesuai dengan falsafah kehidupan masyarakat Minangkabau.

Bupati Tanahdatar Eka Putra dalam kesempatan itu mengatakan, atas nama Pemkab Tanahdatar, dirinya memberikan apresiasi kepada Bank Nagari Cabang Batusangkar yang telah menginisiasi kegiatan edukasi dan literasi keuangan syariah di Kabupaten Tanahdatar, yang bekerjasama dengan UIN Batusangkar dan pemerintah daerah.

Ia menambahkan, pihaknya sangat mendukung adanya edukasi dan literasi keuangan syariah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di Ka­bupaten Tanahdatar.

“Tentunya kami memandang kegiatan ini sangat strategis untuk menyatukan persepsi masya­rakat tentang keuangan syariah. Melalui kegiatan ini masyarakat semakin paham tentang ekonomi syariah sehingga dapat bertransaksi secara syariah,” jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan ekonomi syariah, saat ini di Tanahdatar su­dah memiliki beberapa bank syariah yang telah memiliki cabang, salah satunya Bank Nagari Syariah. Sehingga masyarakat yang ingin bertransaksi dengan layanan syariah dapat terlayani dengan baik.

Diharapkan dengan ada­nya edukasi dan literasi ekonomi syariah ini, dapat menambah pemahaman masyarakat tentang keuangan syariah, sehingga pembahasan mengenai ekonomi keuangan syariah tidak lagi sebatas cerita, namun telah terimplementasikan dengan baik di kehidupan masyarakat secara nyata.

Di sisi lain Eka menyebutkan, Pemkab Tanahdatar sepakat untuk ikut berpartisipasi dalam konversi Bank Nagari menjadi Badan Usaha Syariah seperti yang diamanatkan pada hasil RUPSLB tanggal 23 Juli 2021 lalu. Pihaknya saat ini masih menunggu pemenuhan mekanisme dan payung hukum sehingga taat azas sesuai yang diamanatkan pda RUPSLB ta­hun 2021 tersebut.

“Untuk itu, tentu dibutuhkan kerja sama berbagai stakeholders, baik dari pemerintah, perbankan, perguruan tinggi, lembaga keagamaan, dan lainnya,” tukasnya.

Kegiatan edukasi dan literasi keuangan syariah tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Tanahdatar Saidani, Anggota DPRD Tanahdatar Nova Endris, Rektor UIN Mahmud Yunus, Kakan Kemenag Tanahdatar, Ketua LKAAM Masrul Yakin, pim­pinan Baznas, Ketua MUI Tanahdatar, Ketua DMI Tanahdatar, Ketua BKMT Tanahdatar, Ketua Muhammadiyah, Perti Tarbiyah, Aisyiyah, HMI, wali nagari se-Tanahdatar, MUI Kecamatan se-Tanahdatar.

Sementara dari Bank Nagari turut hadir, Pemim­pin Divisi Usaha Syariah Hendra Faisal dan Afni Can, Pemimpin Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan, Pemimpin Bank Nagari Cabang Lintau Fadli Betul dan Pemimpin Bank Nagari Syariah Batusang­kar Dewi Purnama. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top