Menu

Bank Nagari dan Pemkab Padangpariaman Kerja Sama Digitalisasi Ekonomi

  Dibaca : 118 kali
Bank Nagari dan Pemkab Padangpariaman Kerja Sama Digitalisasi Ekonomi
Penyerahan cendera mata usai penandatangan kerja sama antara Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad dan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur. Dihadiri juga Kepala OJK Sumbar Yusri dan Kepala BI Wahyu Purnama.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bank Pembangunan Da­­erah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari terus me­ngem­bangkan kerja sama dengan daerah-daerah di Sumbar. Teranyar, bank kebanggaan Sumbar itu melakukan penan­data­ng­an kerja sama dengan Pem­kab Padangpariaman, terkait pengembangan di­gi­talisasi ekonomi daerah, Senin(23/08) di Hall Kantor Bupati Padangpariaman.

Penandatangan kerja sama itu langsung dila­kukan Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad dan Bupati Padang­paria­man, Suhatri Bur. Dihadiri juga Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar Yusri dan Kepala Bank Indonesia (BI) Wahyu Pur­nama.

Adapun perjanjian yang ditandatangani yakninya MoU pengembangan digi­ta­lisasi ekonomi daerah, pelayanan perbankan dan pelaksanaan, penata usa­haan pengelolaan keuang­an daerah secara non tu­nai, SP2D online, monitoring online penerimaan pem­biayaan pajak daerah, E-Kir dan E-Parkir, pe­nye­rahan deviden tahun buku 2020 dan sekaligus melaun­ching fasilitas kredit Ma­ran­dang.

Direktur Utama Bank Nagari Sumatra Barat M Irsyad mengatakan bahwa sebagai Bank Daerah, Bank Nagari mendukung se­penuhnya pengembangan Digitalisasi ekonomi da­erah, termasuk di Ka­bu­paten Padangpariaman.

“Teknologi dapat mem­bantu dan melaksanakan transaksi dengan aman dan mudah. Bank nagari terus menciptakan kemu­dahan dalam memberikan pelayanan salah satunya dengan adanya dapat mem­permudah dalam me­ngelola transaksi terutama pada masa pandemi. Di­mana hanya dengan meng­gunakan barcode kita da­pat melakukan transaksi baik dengan jumlah kecil ataupun besar. Di Ka­bu­paten Padangariaman te­lah bisa digunakan seperti parkir non tunai dan me­montior pajak secara on­line,” tutupnya.

Bupati Padang­paria­man Suhatri mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bank Nagari yang telah memfasilitasi serta melahirkan inovasi ber­basis teknologi dalam mem­berikan pelayanan.

“Ini merupakan salah satu langkah untuk me­ningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) dan menjadikan Padang Pariaman lebih melek ter­hadap teknologi informasi. Berdasarakan Keputusan Presiden masing-masing daerah harus membentuk satuan tugas percepatan digitalisai daerah dan Pa­dang Pariaman termasuk Kabupaten atau kota yang melaksanakan hal ter­se­but,” ungkap Suhatri Bur.

Kepala OJK Sumbar Yusri mengatakan kegia­tan ini juga untuk mem­bangkitkan kembali pe­rekonomian masyarakat terutama pada masa pan­demi ini. Momentum ini perlu dimanfaatkan secara bersama, oleh karenanya dibutuhkan peran OPD dalam meningkatkan pe­rekonomian masyarakat

Kepala BI Sumbar Wah­yu Purnama mengatakan BI terus mengembangkan sis­tem pembayaran dengan sistem non tunai salah satunya dengan Qris di­mana disini juga dibu­tuh­kan agar kita melek tek­nologi.

“BI terus mengem­ba­nga­kan kebijakan terkait digitalisasi dari evaluasi bidang elektro Indonesia Padang Pariaman menun­jukan perubahan yang sigi­nifikan dalam mengem­bangakan elektronikasi dan digitalisasi menjadi peringkat dua.

Untuk itu, ini juga dibu­tuhkan sosialisasikan ke­pada masyarakat dalam menggunakan pemba­ya­ran non tunai yang juga akan meningkatkan pema­sukan daerah, transpa­ransi, akuntabilitas dari pemerintah daerah. Se­moga kemajuan semakin memberi dorongan untuk Indonesia maju,” pung­kasnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional