Menu

Bank Nagari Batusangkar Gencar Melawan Rentenir di Tanahdatar

  Dibaca : 118 kali
Bank Nagari Batusangkar Gencar Melawan Rentenir di Tanahdatar
Pasar Batusangkar kembali menunjukan gairahnya dengan telah dikucurkannya KUR Super Mikro sebagai upaya memberantas praktik rentenir.

Bank Nagari Batusangkar gencar sosialisasikan kredit melawan rentenir di Tanahdatar. Bupati Tanahdatar Eka Putra menyambut baik pelaksanaan program MaRandang (Melawan Rentenir di Daerah Minang). “Saya sangat berterima kasih pada Bank Nagari yang telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro,” kata Bupati di Batusangkar, Jumat kemarin.

Menurutnya, KUR Super Mikro yang diluncurkan Bank Nagari sangat membantu masyarakat, seperti yang dirasakan masyarakat Jorong Badui, Nagari Balimbiang, Kecamatan Rambatan, Tanahdatar.  Bupati berharap KUR Super Mikro juga bisa dikembangkan di kecamatan lainnya di Tanahdatar.

Kepala Bank Nagari Batusangkar Fauzan foto bersama pedagang dan pelaku UMKM usai melakukan sosialisasi ”MaRandang” di salah satu hotel di Batusangkar.

Dikatakan bupati, program MeRandang ini su­dah sangat sejalan dengan program kerja pemerintah daerah tanahdatar dalam upaya membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir yang men­cekik leher.

Seperti diketahui, Bank Nagari digandeng oleh Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) sebagai salah satu program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumbar tahun 2021 dengan nama “MaRandang” (Melawan Rentenir di daerah Minang).

Bank Nagari Cabang Batusangkar telah mendatangi kelompok pasar dan petani untuk mensosialisasikan dan merealisasikan program Marandang tersebut di Jorong Badui, Nagari Simawang, Kecamatan Ram­batan, Tanahdatar, centra industri makanan batiah dan kerupuk ubi.

Respon pedagang dan industri kecil sangat bagus sekali dan setuju untuk mengalihkan kredit rentenir ke Bank Nagari dengan berbagai jumlah pengajuan dari 3 juta sampai dengan 10juta rupiah. “Pro­gram MaRandang ada­lah KUR super mikro dengan maksimal plafon 10 juta rupiah,” kata Fauzan Pemimpin Cabang Bank Nagari Batusangkar.

Dikatakan, dihari peluncuran MaRandang  dihadiri secara virtual Bupati Tanahdatar Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian. Mereka menyambut baik program kredit/pembiayaan memberantas rentenir, Program yang sama akan segera juga diluncurkan khusus dari Tanahdatar, yang saat ini sedang dalam penganggaran subsidi sehingga masyarakat dapat memilih beberapa program kredit/pembiayaan melawan rentenir di Tanahdatar.

“Jika ada petani dan kelompok UMKM yang menginginkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor Bank Nagari terdekat di Kabupaten  Tanahdatar,” kata Fauzan.

Keberadaan rentenir seringkali meresahkan masyarakat, mereka mem­berikan pinjaman dana dengan bunga yang sangat tinggi, dengan berbagai kemudahan yang diberikan untuk menjerat masyarakat khususnya pelaku UMKM atau pedagang kecil.

Kemudian masalah lain tambahnya, masih rendahnya literasi mas­ya­rakat terhadap produk pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh otoritas, sehingga hal itu menjadi tanggungjawab bersama oleh pihaknya dan pihak terkait, sehingga ma­sya­rakat semakin menyadari risiko apabila berhubungan dengan rentenir da­lam mengajukan pinjaman.

Melalui Program MaRandang, masyarakat pemilik usaha super mikro bisa mengajukan pinjaman dengan syarat mu­dah dan cepat, hanya dalam 2 hari kerja. “Bahkan, kalau dokumen leng­kap mungkin sehari atau setengah hari diharapkan sudah selesai dan bisa disalurkan. Ini harapan dan ikhtiar bersama, dengan tujuan ba­gaimana kebutuhan pinjaman masyarakat dapat terpenuhi,” kata Fauzan.

Para pedagang pasar yang saat ini dibawah koordinasi Dinas Koperindag Tanahdatar juga sudah mendata para pe­dagang yang terjerat ren­te­nir untuk dituntaskan dengan program MaRandang.

Ditambahkan, sosialisasi kredit/pembiayaan melawan rentenir MaRandang terus dilaksankan di salah satu hotel di Batu­sangkar,dihadiri pelaku UMKM dari berbagai usaha di Tanahdatar dan sekitarnya. Dan kolaborasi Bank Nagari Batusang­kar, Bank Nagari Syariah serta Bank Nagari Lintau yg dilaksanakan dalam program  Bimbingan Teknis Kemasan, Label dan Pemasaran Pro­duk yang diselenggarakan Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sumbar. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional