Close

Bank Nagari Antisipasi Pembobolan ATM, Ganti Kartu ATM Lama jadi Berbasis Chip

Ibnu Supriadi Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman

PARIAMAN, METRO–Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman me­ngimbau nasabah pemegang kartu debit (ATM) magnetic stripe untuk segera mengganti kartunya menjadi berbasis chip paling lambat bulan oktober.

Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman Ibnu Supriadi menga­takan, nasabah diimbau untuk mengganti kartu ATM menjadi berbasis chip. Hal itu  untuk me­ng­hindari pemblokiran yang dilakukan pihak Bank Na­gari.

Dijelaskannya, ba­nyak ke­untungan yang di­dapat dari menggunakan kartu ATM berbasis chip, diantaranya me­ngan­ti­sipasi tindak kejahatan perbankan dengan cara mencuri data kartu debit atau kartu kredit untuk menarik dana yang ada di rekening.

Dengan Kartu ATM berbasis Magnetic stripe sebelumnya, Pelaku bisa membobol informasi dengan menggunakan alat yang dipasang pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Pelaku bisa meng­gandakan data yang terdapat dalam pita magnetik di kartu kredit maupun debit, kemudian memindahkan informasi ke kartu ATM kosong,” lanjutnya.

Dijelaskannya, Kartu ATM chip lebih aman dan  sejalan dengan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebagai standar nasional teknologi chip kartu ATM untuk seluruh penyelenggara kartu ATM atau debit di Indonesia. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top