Menu

Bank Indonesia Hadirkan Pojok Baca di UMSB

  Dibaca : 444 kali
Bank Indonesia Hadirkan Pojok Baca di UMSB
DIRESMIKAN— Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama meresmikan BI Corner atau pojok baca di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. (banua siregar/posmetro)

PADANG, METRO – Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat meresmikan pojok baca atau BI Corner di Perpustakaan Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Senin (18/11). Hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan sekaligus menyebarluaskan informasi ekonomi yang berkualitas.

Pojok baca yang dilengkapi dengan buku-buku ekonomi yang berkulitas dan dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Bahkan, pojok baca itu juga menyediakan ebook yang berisikan lebih dari 2.000 buku yang tentunya bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk meningkatkan minat baca dan menambah referens.

Kepala BI Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama usai peresmian mengatakan, sejak beberapa tahun belakangan, pihaknya sudah menempatkan BI Corner di beberapa perguruan tinggi di Sumbar. Sampai saat ini, termasuk yang di UMBS, sudah ada 15 BI Corner yang diresmikan. Sementara, di seluruh Indonesia ada 800 BI Corner.

“Jumlah buku yang disediakan mencapai 80 eksemplar dan ada 2.000 judul dalam bentuk ebook yang bisa diakses secara digital. Mengapa digital, itu untuk melatih mahasiswa memanfaatkan teknologi di era digitalisasi saat ini. Memang lebih banyak bukunya bertema ekonomi dan buku-buku terbitan baru termasuk soal ekonomi Islam,” ujarnya

Wahyu berharap keberadaan BI Corner bisa meningkatkan minat baca mahasiswa dan menambah referensi. BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi agar masyarakat semakin mengenal peran, tugas dan fungsi BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik cetak maupun digital.

“Kita menargetkan setiap tahun akan menambah empat BI Corner di Sumbar. Apalagi terkait dengan literasi Indonesia masih rendah sehingga diperlukan beragam sumber bacaan yang dapat meningkatkan pengetahuan termasuk di Sumbar. Ini merupakan program sosial BI merupakan semacam program Coorporate Sosial Responsibility (CSR). Program sosial ini diarahkan antara lain untuk ketahanan pangan strategis, pemberdayaan perempuan, pembinaan UMKM serta pendidikan,” ujar Wahyu.

Sementara Rektor UMSB Dr Riki Saputra menyampaikan keberadaan BI Corner bisa menjadi bagian dari upaya menumbuhkan budaya literasi. Pojok baca ini sebagai pancingan bagi mahasiswa untuk lebih memperdalam pengetahuan dan wawasan dengan membaca. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia perwakilan Sumbar yang sudah membuka BI Corner di kampusnya.

“BI Corner tersebut akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya jurusan ekonomi untuk mencari referensi. Karena koleksi buku yang disediakan di pojok baca ini tidak saja mengenai ekonomi umum atau konvensional tetapi juga ekonomi syariah atau ekonomi Islam,” pungkasnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional