Close

Banjir di Lambung Bukik, Wako Padang: Check Dam tidak Berfungsi

hendri septa.

LAMBUNG BUKIK, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan banjir yang terjadi di Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Senin (23/1) akibat tidak berfungsinya check dam yang berada di daerah tersebut, sehingga air sungai Batu Busuk meluap ke rumah warga.

“Jadi setelah kita telusuri, banjir yang terjadi selain disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, juga karena rusaknya check dam di kawasan itu,” kata Hendri Septa, Selasa (24/1).

Oleh karena itu, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan PT. Semen Padang untuk memperbaiki check dam tersebut, karena check dam ini berada di wilayahnya PT. Semen Padang.

Wako Hendri Septa menjelaskan, akibat hujan deras yang terjadi setidaknya ada 98 rumah yang terendam banjir di Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh.

“Saat ini BPBD bersama Basarnas serta PMI sedang melakukan evakuasi kepada warga yang terdampak banjir,” tuturnya.

Ia juga telah memerintahkan kepada BPBD Padang, camat, dan lurah yang berada di lokasi terdampak banjir untuk membantu warga. “Jangan sampai ada warga kita yang tidak terabaikan,” ucap Wako Hendri Septa.

Wako juga mengimbau kepada warga Kota Padang agar selalu waspada karena cuaca saat ini sedang tidak bersahabat. Banjir, longsor, serta pohon tumbang bisa kapan saja terjadi. Maka dari itu selalu tingkatkan kewaspadaan. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top