Close

Banjir dan Longsor, Warga Kota Padang Diminta Tetap Waspada

BY PASS, METRO–Musim hujan yang diprediksi sampai tahun baru nanti harus disikapi oleh semua warga Kota Padang dengan meningkatkan kewaspadaan. Warga di­minta waspada dengan banjir dan longsor serta pohon tumbang.

Apalagi saat ini, hujan berdurasi sedang hingga lebat dalam waktu yang cukup lama dari pagi hingga malam. Warga yang ada di lereng-lereng  bukit diharapkan waspada dengan kemungkinan longsor.

“Kita kembali mengimbau kepada semua warga yang ada di lereng-lereng bukit. Kalau hujan berdurasi lama begini potensi longsor cukup tinggi. Makanya kewaspadaan perlu ditingkatkan,” kata ujar Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Endrizal, kemarin.

Menurutnya, intensitas hujan yang lama meski ringan hingga sedang bisa memicu pergerakan tanah. Terutama pada tempat ketinggian atau tebing-tebing, lereng-lereng bukit. Dan pergerakan tanah itulah yang biasanya menjadi penyebab terjadinya longsor.

Sejumlah titik di Kota Padang sudah mengalami longsor. Seperti jalan me­nuju Pantai Aia Manis dan Bukik Gado-gado. Wargapun dhimbau agar selalu waspada saat melewati tempat-tempat rawan lonsor tersebut.

“Sampai hari ini kita tetap meminta warga meningkatkan kewaspadaan. Jika sudah hujan dengan intensitas tinggi berlangsung dari 2 hingga 3 jam, kita minta warga yang tinggal di daerah perbukitan waspada. Begitu juga yang tinggal di daerah rawan banjir,” pungkas Endrizal. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top