Menu

Banjir dan Longsor Landa Tandahdatar

  Dibaca : 415 kali
Banjir dan Longsor Landa Tandahdatar
SUNGAI MELUAP—Hujan deras mengakibatkan sungai meluap menggenangi rumah warga dan merusak pintu air irigasi. (chandra antoni/posmetro)

TANAHDATAR, METRO – Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kabupaten Tanahdatar mengakibatkan beberapa wilayah ditepa bencana banjir, Minggu (24/11). Selain itu, hujan deras juga berdampak tanah longsor dan meluapnya sungai-sungai yang menyebabkan kerusakan di pintu-pintu air.

Dari informasi yang diperoleh, longsor terjadi di Jorong Kapuah, Nagari Bungo Tanjuang, Kecamatan Batipuah. Material tanah bercampur bebatuan, pasir dan kerekel dari tepi tebing longsor menutupi lebih setengah badan jalan sehingga membuat akses jalan terganggu dan hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas.

Sementara itu, di Nagari Sumpur diterjang bencana banjir gara-gara air dari Batang Sumpur sumpur meluap memasuki pemukiman masyarakat. Bahkan, pintu air (kapalo banda) mengalami rusak berat akibat derasnya arus air.

Seorang warga yang tak mau namanya disebut, berharap pemerintah daerah secepatnya membangun kapalo banda yang telah rusak ini.

“Ayo pak bupati datang dan lihat kondisi ini,” katanya.

Di Kecamatan Salimpaung, tingginya debit air juga membuat kapalo banda mengalami kerusakan. Kapalo banda tempat pengatur air yang sebelumnya berdiri kokoh, kini kondisinya ambruk dan menutupi daerah aliran air. Selain itu, di Jorong Jati Tunggal, Nagari Buo, tanah longsor melanda areal persawahan milik masyarakat.

Menurut warga setempat Yulkusma Yanto, selain hujan deras yang melanda, longsor terjadi akibat pengerukan proyek irigasi Batang Sinamar.

”Persoalannya selain hujan deras, dulu ada pengerukan proyek irigasi Batang Sinamar. Sudah banyak longsoran-longsoran akibat proyek itu,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Sat Pol PP Yusnen mengatakan, pihaknya telah menurunkan bantuan berupa mobil pemadam untuk membersihkan pemukiman warga yang terendam banjir dan lumpur dengan penyemprotan.

“Kita terjunkan anggota dan mobil pemadam ke lokasi untuk membantu warga. Banyak juga barang-barang warga yang terendam banjir. Saat ini, air sudah surut dan kondisi sudah aman,” kata Yusnen. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional