Menu

Bangunan Kosong Bekas Wisma Terbakar di Jalan Mandala, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan

  Dibaca : 190 kali
Bangunan Kosong Bekas Wisma Terbakar di Jalan Mandala, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan
KEBAKARAN— Petugas Damkar berjibaku memadamkan api yang membakar bangunan bekas wisma di Jalan Mandala, Nagari Painan Timur, Kecamatan IV Jurai.

PESSEL, METRO–Siang bolong pukul 12.30 Wib masyarakat di Jalan Mandala, Nagari Panan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dikagetkan asap hitam tebal membumbung tinggi dari bangunan kosong bekas Wisma Mandala, Senin (9/8).

Tiupan angin membuat si jago merah dengan cepat melahap seluruh bagian bangunan Wisma Mandala. Bahkan, keba­karan itu sempat menim­bulkan kepanikan meng­ingat lokasi kebakaran be­ra­da di dekat komplek per­kantoran Pemkab Pessel dan komplek perumahan Pengadilan Negeri Pesisir Selatan.

Tidak butuh lama, ka­rena jarak lokasi kebakaran dengan Posko Pemadam Kebakaran yang dekat, petugas cepat datang ke lokasi bersama dua unit mobil pemadam. Hampir satu jam berjibaku, api pun berhasil dipadamkan.

Hanya saja, selain me­nim­bulkan kepanikan, ke­ba­karan itu juga mem­buat warga bertanya-tanya pe­nyebab gedung itu ke­ba­karan. Pasalnya, gedung itu sudah lama tidak ber­penghuni dan bertahun-tahun ditinggalkan begitu saja tanpa dirawat.

Menurut keterangan warga yang namanya eng­gan disebutkan ini menga­takan, bangunan bekas wisma ini telah lama tidak dihuni, tidak ada aktifitas orang. Bahkan, tidak ada aliran listrik di dalam wis­ma yang dulunya bernama Wisma Man­dala. ­”Me­mang aneh saja. Bangunan kosong tiba-tiba saja ter­bakar begitu,” katanya.

Kabid Damkar, Dinas Satpol PP dan Damkar Pe­sisir Selatan, Agung me­nga­takan, pihaknya mem­butuhkan waktu sekitar 15 menit untuk me­ma­damkan kobaran api. Sebelumnya, pihaknya me­­nerima lapo­ran keba­karan pada pukul 12.53 WIB dan tim pema­dam tiba di lokasi dan mu­lai me­lakukan pemada­man pukul 12.55 WIB.

“Kebakaran ini meng­ha­ngus­kan bangunan Wis­ma Mandala tersebut, keru­giannya ditaksir Rp100 juta. Kita mengerahkan dua uni mobil pemadam ke lokasi,” ungkap Agung.

Terkait penyebab dan kronologi kebakaran, kata Agung, pihaknya menye­rah­kan kepada pihak kepo­lisian untuk menye­lidiki­nya­nya. Namun, Agung memastikan bahwa keba­karan itu tidak dipicu akibat korsleting listrik.

“Wisma tersebut su­dah tak beroperasi sejak 10 tahun belakangan. Wisma ini milik PT Gobel Dharma Sarana Karya yang be­pu­sat di Jakarta,”  pung­kasnya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional