Menu

Bangun Sektor Wisata Lewat Pemberdayaan Masyarakat dan Karifan Lokal di Limapuluh Kota

  Dibaca : 132 kali
Bangun Sektor Wisata Lewat Pemberdayaan Masyarakat dan Karifan Lokal di Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota terima piagam penghargaan kategori sebagai kabupaten dengan peserta desa wisata terbanyak ADWI 2021.

Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sum­bar, Deni Asra, di­dam­pingi Ketua ADKI Limapuluh Kota Rino Chandra, terlihat sangat bersemangat untuk terus menggeber pemba­ngunan sektor wisata lewat pemberdayaan masyarakat dan kearifan lokal.

“ADKI sebagai asosiasi yang bisa menjembatani kebutuhan parekraf yang ada di daerah ke kementerian disamping tugas utama ADKI mela­kukan pendampingan, pembinaan dan pelatihan kepada sumber daya ma­nusia yang ada di nagari wisata,” ungkap Deni Asra.

Ketua DPRD yang juga Ketua ADKI Sumbar menga­takan, sudah memberikan report terkait gambaran umum permasalahan kepari­wi­sa­taan di Limapuluh Kota. Ter­kait desa wisata kampuang Sarugo yang di­tinjau lang­sung oleh Menteri juga ada beberapa catatan penting terkait digitalisasi, infra­struk­tur, toilet dan fasilitas pen­dukung lainnya. “Ini yang akan kita tindak lanjuti dengan Bupati setelah pengesahan APBD 2022 nanti ke Ke­men­terian Parektaf. Tadi juga ada pemberian paket kepada kam­­puang sarugo berupa internet gratis selama Satu tahun,” jelas Deni Asra.

Potensi Parekraf yang bisa di lakukan di waktu pan­demi ini, salah satunya me­munculkan kearifan lokal dalam pengembangan ke­pari­wi­sataan. Potensi ekraf, kata Deni, sebetulnya luar biasa. “Ada 17 sub sektor ekraf yang kami liat poten­sinya bagus di Limapuluh Kota. Tinggal bagaimana kita mengemasnya dan me­­nyi­ap­­­kan kebutu­han­nya,” sam­bung Ketua DPRD menjelas­kan program prio­ritas pari­wisata sudah ada dalam do­kumen RPJMD 2021 – 2026.

Ketua DPRD minta, pem­da serius dan mampu ber­kolaborasi dengan baik dan cepat sehingga mampu di­wujudkan dalam waktu de­kat. Tentunya diikuti dengan ang­garan yang jelas baik dari APBD Kabupaten, APBD ap­rovinsi maupun APBN. “AD­KI sumbar akan berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan kesejah­teraan masyarakat lewat sektor wisat. Tidak hanya di Limapuluh Kota tapi juga di Sumatera Barat,” ujar Deni Asra.

Rino Chandra menyampaikan, untuk Desa Wisata kreatif Saribu Gonjong yang telah meraih 50 besar ADWI 2021, ADKI Limapuluh Kota lebih berorientasi kepada pe­ngem­bangan sumber daya manusia di desa wisata. “Ke depan terhadap desa wisata tersebut akan kita rea­lisasikan beberapa program kerja yang sedang dirancang ADKI untuk menjadikan desa wisata tersebut berdampak ekonomi secara baik kepada masyarakat. Sedang kita rancang dan kerangkakan pola ker­ja nya,” ujar Deni Asra, di­dampingi Sekretaris Arfridel Il­ham. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional