Menu

Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi, Dewan Pembina HIPMI Dharmasraya Apresiasi Inovasi Pemkab

  Dibaca : 398 kali
Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi, Dewan Pembina HIPMI Dharmasraya Apresiasi Inovasi Pemkab

DHARMASRAYA, METRO
Dewan Pembina Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Dharmasraya, Rijal Imami mengapresiasi langkah dan inovasi pemerintah daerah yang menggelar bazar UMKM. Hal ini bertujuan membangkitkan sektor UMKM di tengah merosotnya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

“Bazar UMKM ini suatu terobosan yang menginspirasi banyak pihak. Dengan mensupport pelaku UMKM, secara otomatis sektor yang berkaitan lainnya juga mendapatkan manfaatnya,” ujar Rijal Imami saat mengunjungi Bazar UMKM di Jorong Piruko Kecamatan Sitiung, Selasa (5/1).

Menurutnya, sudah bukan rahasia lagi bahwa sektor UMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Namun, pelaku UMKM pada saat ini harus menghadapi masalah yang cukup besar. Wabah virus corona memberikan dampak yang sangat besar terhadap keberlangsungan UMKM.

“Tidak sedikit pelaku UMKM yang harus gulung tikar dan merumahkan pekerjanya akibat pandemi ini, “ kata Rijal Imami yang juga Ketua BPD HIPMI Dharmasraya periode 2014-2017 itu.

Selain itu lanjutnya, sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menjelaskan UMKM selama ini menjadi salah satu penopang ekonomi nasional. Setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen PDB nasional. “Jumlah ini menunjukan peran UMKM yang sangat besar bagi perekonomian nasional, “ tegasnya

Tidak hanya itu, lanjutnya pelaku UMKM disebut-sebut sebagai salah satu sektor bisnis yang paling berkontribusi pada perekonomian nasional. “Bahkan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebutkan bahwa bukan konglomerat atau korporasi besar yang mampu menyelamatkan ekonomi Indonesia dalam tekanan krisis, tapi UMKM,” ungkap Rijal Imami.

Hal ini, lanjutnya disampaikan langsung oleh Kepala BKPM dihadapan sejumlah pelaku UMKM dalam acara pemberdayaan UMKM dan kerja sama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan BKPM. Untuk itu, sambungnya apa yang dilakukan Pemkab Dharmasraya sudah sejalan dengan pemerintahan pusat, yakni pemulihan ekonomi diberbagai sektor khususnya sektor UMKM.

“Oleh sebab itu, apresiasi tinggi kita berikan kepada Bupati Sutan Riska dan pemkab Dharmasraya yang telah memperhatikan UMKM, tentunya ini akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional