Close

Bangkitkan Potensi Wisata Pangian, Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Iven Pesona Ngalau Pangian

Mengelola potensi wisata yang ada di Nagari Pangian yang dijuluki dengan Nagati Elok Baso itu,Dinas Pariwisata Sumbar menggelar program Pesona Ngalau Pangian, Kamis (11/11) lalu.

TANAHDATAR, METRO-Pemerintah Provinsi Sumatra Barat melalui Dinas Pariwisata terus berusaha menggali potensi wisata yang tersebar di Sumatera Barat. Termasuk menggali dan merangsang pengelola Objek Wisata Ngalau Pangian yang terletak di Nagari Pangian,  Kecamatan Lintau Buo,  Tanah Datar.

Untuk mengemas potensi wisata yang ada di Nagari Pangian yang dijuluki dengan Nagati Elok Baso itu,  Dinas Pariwisata Sumbar menggelar program Pesona Ngalau Pangian yang diselenggarakan pada Kamis (11/11) lalu.

Program ini dikemas dalam bentuk iven Pesona Ngalau Pangian. Dimana,  dalam iven yang dikemas secara virtual itu ditampilkan berbagai atraksi seni khas yang ada di Lintau, seperti silat, randai, tarian serts fashion yang di balut songket tenun khas Lintau.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Sumbar Novrial diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemasaran Pariwisata Hendri Agung Idrianto menyampaikan, pergelaran Festival Pesona Adat Nagari Ngalau Pangian merupakan potensi wisata yang sangat bagus untuk di kembangkan.

“Kita sampaikan apresiasi terhadap pergelaran festival ini, meskipun dilaksanakan secara Hybrid, tapi saya yakin potensi Ngalau Pangian akan semakin terkenal di masa datang, namun tentunya harus mempunyai kalender iven, agar wisatawan mempunyai jadwal pasti untuk berkunjung,” sebutnya.

Menurutnya,  salah satu cara untuk kembali menggiatkan promosi pariwisata dalam masa pandemi ini digelar secara virtual, yang nanti bisa dikemas dalam bentuk vidio live streaming yang dapat ditonton oleh masyarakat.

Namun,  meski telah digelar dan dikemas secara virtual,  hal ini hendaknya menjadi tolak ukur bagi pengelola maupun masyarakat yang bergelut dengan kawasan wisata untuk lebih matang dan peduli dalam wisata.

“Artinya, kita tentu berharap agar masyarakat terutama Kawasan Objek Wisata Ngalau Pangian lebih matang dalam persiapan dan membangun kembali pariwisatanya dimasa mendatang, ” harapnya.

Harapan tersebut bukan tidak beralasan,  karena menurutnya,  apabila pariwisata kembali hidup,  maka perekonomian masyarakat disekitar akan juga hidup.

Pergelaran Festival Pesona Adat Nagari Pangian sendiri memang diharapkan menjadi momentum bangkitnya Pariwisata Tanah Datar dan perekonomian masyarakat di tengah masa Pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian didampingi Anggota DPRD Provinsi Jefri Masrul serta Forkopimca Lintau Buo dan intansi terkait lainnya membuka secara resmi festival yang digelar dipelataran parkir Objek Wisata Ngalau Indah Pangian tersebut.

“Melalui Festival ini, kita gali, lestarikan dan promosikan berbagai potensi Nagari Pangian yang cukup banyak,” kata Wakil Bupati Richi Aprian saat membuka secara resmi festival, Kamis (11/11) di Ngalau Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo. (*/r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top