Menu

Ban AMT (Air Maintanance Technology), Ban Pintar Yang Dapat Mengisi Udara dengan Sendirinya

  Dibaca : 755 kali
Ban AMT (Air Maintanance Technology), Ban Pintar Yang Dapat Mengisi Udara dengan Sendirinya
Photo : Goodyear.com

Kekurangan tekanan angin pada ban bisa membuat mobil terasa tidak enak saat di kendalikan. Anda sebagai pengguna mobil harus mengisi udara sendiri dan cukup merepotkan tentunya. Melihat hal itu, Goodyear membuat inovasi teknologi yang membuat ban bisa mengisi tekanan anginnya sendiri pada level optimum.

Air Maintenance Technology atau disingkat sebagai AMT adalah sebuah inovasi untuk ban kendaraan. Air Maintenance Technology sendiri merupakan sebuah ban kendaraan, namun, yang membedakan ban Air Maintenance Technology  dan ban lainnya adalah kemampuannya untuk menjaga tekanan angin pada ban agar tetap optimum sehingga kestabilan kendaraan dapat terjaga. Teknologi ini memang masih dikembangkan dan dipatenkan oleh Goodyear. Dengan teknologi ini pengguna mobil dibebaskan dari kewajiban mengisi angin atau menyiapkan ban cadangan di mobil sebelum perbaikan yang benar dilakukan terhadap ban di bengkel resminya.  Anda pun tidak membutuhkan sistem pemantauan tekanan angin di dashboard mobil.

AMT memungkinkan ban tetap dalam posisi tekanan angin awal tertentu tanpa harus menggunakan pompa luar. Teknologi ini menggunakan teknologi pompa peristaltik yang akan secara otomatis menjaga ban tetap pada tekanan angin yang diinginkan. Semua komponen AMT berikut pompanya berada di dalam ban itu sendiri

Photo : Goodyear.com

Penggunaan Air Maintenance Technology ini memiliki banyak keuntungan. Pertama, kita tidak perlu lagi khawatir apabila ban kendaraan kita bocor ditengah jalan karena, teknologi Air Maintenance Technology  dengan otomatis akan menyesuaikan tekanan ban kendaraan kita. Kedua, kendaraan tetap stabil walau kondisi ban sedang kempis. Ketiga, meningkatkan efisiensi kendaraan saat kondisi ban tidak maksimal. Seperti yang kita ketahui apabila sebuah ban kendaraan sedang bocor, maka, mengendarai kendaraan terasa lebih berat. Hal ini juga menyebabkan mesin kendaraan harus bekerja ekstra akibat ban kendaraan yang kempis. Dengan ban yang selalu dalam kondisi tekanan yang baik, membuat ban lebih awet serta meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Goodyear memperkirakan bahwa setiap 10 psi tekanan yang hilang selaras dengan bertambahnya konsumsi bahan bakar sebanyak 1 persen setiap mil/galon-nya. Selain itu, ban dengan tekanan 10 persen di bawah ukuran normal mampu mengurangi usia ban hingga 16 persen. Namun, dengan teknologi Air Maintenance Technology  ini, tekanan ban yang kempis ini dapat dipertahankan ke tingkat yang optimum sehingga dapat meningkatkan efisiensi kendaraan saat kondisi ban sedang kempis.

Walau Air Maintenance Techonology memiliki banyak kelebihan dibanding dengan ban kendaraan biasa, namun, ban ini juga memiliki kekurangan diantaranya, harga yang lebih mahal dibanding ban kendaraan standar. Apabila harga yang nanti ditawarkan melambung jauh dibanding harga ban standar, ban Air Maintenance Technology  ini mungkin akan kurang laris dipasaran. Kemudian, sejauh ini ban yang baru berhasil diuji coba adalah ban yang digunakan untuk mobil sehingga, belum ada kabar lebih lanjut apakah ban Air Maintenance Technology  ini dapat digunakan untuk kendaraan roda dua. Selain itu, kita belum tahu pasti juga adakah perbedaan performa jika ban kendraan diisi dengan angin biasa dibanding diisi menggunakan nitrogen.

Goodyear merupakan sebuah produsen ternama dunia  yang memungkinkan ban mobil mampu mengisi angin secara otomatis apabila terdeteksi ban dalam keadaan kurang angin.  Teknologi ini sederhananya ban punya pompa angin di dalamnya yang bisa bekerja secara otomatis ketika mobil berjalan. Intinya anda sudah tidak perlu mompa angin lagi.

Anda sudah tidak perlu khawatir ban kurang angin dengan teknologi AMT ini . Namun teknologi ini tidak menjelaskan bahwa ban ini tahan bocor. Sehingga meskipun pompa berjalan secara otomatis, jika kondisi ban bocor masih dimungkinkan ban ini akan kekurangan angin. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya Goodyear akan mengembangkan proyek ini menjadi tahan bocor juga. (T. Randa & Wakhinuddin S FT UNP)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional