Close

BAKTI Kemenkominfo Terkesima Sistem e-Payment Diskominfo Padang

TERKESIMA— Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kemenkominfo) terkesima dengan sistem e-payment yang telah dibangun Diskominfo Padang.

AIAPACAH, METRO–Badan Aksesibilitas Te­le­komunikasi dan Infor­masi Kementerian Komu­ni­kasi dan Informatika (BAKTI Kemenkominfo) terkesima dengan sistem e-payment yang telah di­bangun Diskominfo Pa­dang. Hal ini terlihat saat rombongan dari BAKTI Kemenkominfo beserta Direktorat Jenderal Ang­garan (DJA) mengun­jungi Pemerintah Kota Pa­dang, Selasa (7/12).

“E-Payment yang di­ba­ngun sangat bagus, apa­lagi sis­tem ini sudah me­nerapkan pembayaran ret­ribusi de­ngan menggan­deng bank daerah, tentu­nya memu­dah­kan operator un­tuk mem­­bayar retri­busi,” kata Kepala Divisi SDM dan Hu­mas BAKTI Kemenko­minfo, Sudar­man­to di de­pan un­dangan yang hadir di ruang Abu Bakar Jaar, Balai Kota Padang.

Kunjungan BAKTI Ke­menkominfo dan DJA ke Pemko Padang untuk meli­hat pengaplikasian digita­lisasi di pemerintahan se­tempat. Rombongan yang hadir di antaranya seperti Analis Anggaran Ahi Ma­dya Direktorat Sistem Pe­nganggaran DJA, Ahmad Irsan, Kepala Seksi Direk­torat Anggaran Bidang Polhukhankam DJA, Pras­tiawan, dan lainnya. Pada ke­sempatan itu, rombo­ngan juga sempat me­ngun­jungi ruang Padang Command Center (PCC) milik Diskominfo.

“Menarik, semuanya dapat terlihat jelas,” ujar Sudarmanto saat menun­juk sistem e-Payment yang ter­papampang jelas di dash­board ruang PCC Disko­minfo.

Sudarmanto menyam­paikan terima kasih kepada Diskominfo Padang yang telah menerima kedata­ngannya berserta rombo­ngan. Menurutnya, pema­paran yang dilakukan oleh Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy telah meng­gambarkan kemajuan digi­talisasi di Padang.

“Tadi telah dipaparkan kemajuan digital yang cu­kup baik dan patut kita contoh, di lain hari kita bisa belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Analis Anggaran Ahi Madya Di­rektorat Sistem Pengang­garan DJA, Ahmad Irsan mengakui bahwa Kota Pa­dang saat ini sudah cukup banyak kemajuan. Teru­tama kemajuan di bidang infrastruktur dan keahlian. Serta penghargaan yang diraih Kota Padang dalam waktu belakangan ini. ”Pres­t­asi Kota Padang akan kami jadikan suri taula­dan,” akunya.

Disebutkan Irsan, kun­jungan tim ke Kota Padang sebenarnya dilandasi oleh beberapa hal. Seperti in­formasi yang diperoleh bahwa pemanfaatan TIK dan digitalisasi di Padang selama kurun waktu dua tahun belakangan ini cukup menakjubkan. Bahkan te­lah bergeser dari level low menjadi medium high.

“Sebab itu tim datang ke sini untuk mencari tahu dan membuktikannya lang­sung, apa sebenarnya yang dilakukan Pemko Pa­dang di bidang transfor­masi digital dan peman­faatan IT secara umum,” ucapnya.

Kepala Diskominfo Pa­dang Rudy Rinaldy menga­ku senang mendapat kun­jungan dari BAKTI Kemen­kominfo dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Dalam kesempatan itu Ru­dy Rinaldy sempat mema­parkan digitalisasi yang telah dilakukan Pemko Pa­dang. Menurutnya, digita­lisasi yang saat ini dijala­nkan mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Pa­dang serta seluruh OPD di lingkup Pemko Padang.

“Bahkan inovasi yang diciptakan oleh OPD di Pemko Padang, beberapa di antaranya merupakan aplikasi yang masuk ke dalam jajaran 40 besar inovasi di Indonesia,” ka­tanya.

Rombongan BAKTI Ke­menkominfo beserta DJA disambut sejumlah kepala OPD di Pemko Padang. Nampak hadir di antaranya Plt Inspektur Syuhandra, Kepala DPMPTSP Corri Saidan, dan lainnya. Di akhir pertemuan, Analis Anggaran Ahi Madya Di­rek­torat Sistem Pengang­garan DJA, Ahmad Irsan menyerahkan cende­ra­ma­ta berupa dokumen APBN 2022 kepada Kepala Dis­kominfo Padang. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top