Menu

Bahas Ranperda RPJMD, DPRD Sumbar Libatkan Forkopimda

  Dibaca : 94 kali
Bahas Ranperda RPJMD, DPRD Sumbar Libatkan Forkopimda
DPRD Sumatera Barat melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam membahas Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

PADANG, METRO–DPRD Sumatera Barat melibat­kan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam mem­bahas Ranperda Rancangan Pem­bangunan Jangka Menengah Da­erah (RPJMD).

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengatakan rapat ini per­tama kali dilakukan untuk menam­pung usulan pemangku kebijakan masuk dalam RPJMD 2021-2026 sele­pas rapat pembahasan di ge­dung DPRD Sumbar di Padang, Senin.

“Masukan tersebut nantinya akan dibahas bersama oleh DPRD Sumbar dengan Pemprov Sumbar,” kata dia.

Menurut dia beragam masukan tadi cukup menarik mulai dari Dan­lanud Sutan Sjahrir yang mena­warkan pembangunan shelter di lahan milik mereka di kawasan Tabing.

Mereka memiliki lahan yang seluas 200 hektare dengan lokasi strategis di pusat kota, lahan te­r­sebut produktif namun tidak dikeloa dan diusulkan agar dibangun shelter ketika terjadi bencana gempa bumi dan tsunami.

“Kawasan tersebut padat dan jalur evakuasi cukup minim se­hingga perlu dibangun shelter di lokasi tersebut. Kita apresiasi hal tersebut, selain itu Danlanud juga akan membangun lapangan pacuan kuda internasional, bumi perke­mahan dan lainnya yang akan meningkatkan pariwisata di Sum­bar,” kata dia.

 Selain itu masukan dari perwa­kilan Kajati terkait program pem­binaan masyarakat agar sadar dan patuh hukum yang perlu di­ang­garkan di APBD Sumbar.

 ”Hal seperti ini tentu perlu ditindaklanjuti agar dapat dilak­sanakan dengan cara menjalin sinergi dengan kejaksaan, TNI dan Polri agar masyarakat taat hukum dan peraturan daerah,” kata dia.

 Sementara itu Gubernur Su­matera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan fokus RPJMD adalah merealisasikan visi misi yang dibuat kepala daerah.

Pembahasan visi misi dan program unggulan ini tidak dapat diselesaikan dalam sehari atau dua hari namun pembahasan secara berkelanjutan.

 ”RPJMD ini nantinya akan di­dalami oleh DPRD bersama OPD terkait sehingga menghasilkan program kerja jangka menengah da­erah,” pungkasnya.(*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional