Menu

Badikie Peringati Maulud Nabi SAW

  Dibaca : 331 kali
Badikie Peringati Maulud Nabi SAW
PERINGATAN MAULID— Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dengan senyum khasnya bersama Sekretaris Dinas Kesehatan dan Wali Nagari Kuraitaji Timur, menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Surau Gadang Sungai Laban, Kecamatan Nan Sabaris. (efanurza/posmetro)

PADANGPARIAMAN, METRO – Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, bersama Sekretaris Dinas Kesehatan dan Walinagari Kuraitaji Timur menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Surau Gadang Sungai Laban, Kecamatan Nan Sabaris.

“Kita Pemkab Padangpariaman sangat mendukung kegiatan Maulud Nabi yang dilaksanakan masyarakat ini. Ini adalah bentu kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW memperingati hari kelahirannya,” kata Suhatri Bur saat acara, kemarin.

Katanya, masyarakat bersama panitia melaksanakan badikie atau menceritakan tentang sejarah nabi Muhammad SAW yang disampaikan dengan cara dinyanyikan guna memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan hal itu telah berlangsung ratusan tahun.

Katanya, untuk Padangpariaman yang melaksanakan mereka masyarakat memperingati maulud nabi ini dengan badikie.

Dikatakan, untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad warga di daerah Kabupaten Padangpariaman melaksanakan badikie.

Suhatri Bur menyebutkan dalam badikie tersebut dibacakan kitab berzanji yang berisi tentang sejarah Nabi Muhammad, selawat nabi, serta puja dan puji kepada nabi dengan menggunakan bahasa Arab.

“Kita juga berharap ke depan masyarakat atau alim ulama dapat mencari generasi baru dari tukang dikie karena kurangnya ketertarikan generasi muda terhadap hal tersebut,” ujarnya.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di daerah itu juga dilaksanakan makan bajamba yang nasinya dibungkus dengan daun pisang oleh ibu-ibu yang tujuannya untuk menjamu tamu. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional