Close

Badai Landa Padang, 16 Pohon Tumbang

EVAKUASI POHON— Petugas BPBD Kota Padang melakukan evakuasi dan pembersihan pohon tumbang yang terjadi di sejumlah titik, saat angin kencang disertai badai dan hujan, Rabu (11/5) siang.

AIA PACAH, METRO–Cuaca ekstrem melanda Kota Padang. Cuaca panas sejak pagi, tiba-tiba berubah total, Rabu (11/5) siang. Angin kencang dan badai disertai hujan dengan intensitas sedang melanda wilayah Kota Padang. Akibatnya, se­jumlah pohon bertum­ba­ngan di sepuluh titik se­hingga menimpa rumah war­ga dan menghambat akses jalan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggalungan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pa­dang, Basril mengatakan, angin kencang berlangsung sekitar 2 jam. Dari laporan sementara pohon tumbang tersebut terjadi di sepuluh titik. BPBD mencatat ada sekitar 16 pohonn tumbang hingga Rabu siang tersebut.

“Pohon tumbang tersebut ada yang menimpa rumah warga dan meng­ham­­bat akses jalan. Saat ini kita masih melakukan eva­kuasi,” katanya.

Dalam evakuasi, kata Basril, pihaknya menurunkan 3 regu dari BPBD Pa­dang dengan jumlah personel keseluruhannya sebanyak 39 orang dan dibantu oleh sejumlah ma­sya­rakat setempat.

“Saat ini kita masih melakukan evakuasi. Hari ini kita selesaikan semuanya, tapi tidak bisa secara bersamaan,” tuturnya.

Diketahui, sepuluh titik pohon tumbang di Kota Padang yakni, pohon tumbang di Jalan Gurun laweh, Nanggalo, Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo.

Di Jalan Teknologi II, Surau Gadang, pohon menghambat akses jalan. Di Jalan Wira Sakti 1, Perumdam 1 Surau Gadang, pohon menimpa sebuah rumah dan menghambat akses jalan.

Pohon tumbang dekat kantor Lurah Air Pacah, pohon menghambat akses jalan. Di Jalan Padang Kemiling, Kelurahan Air Ta­war Timur, pohon tumbang menghambat akses jalan. Pohon tumbang dan menghambat akses Jalan Jalur 2 Patenggangan Air Tawar Barat.

Pohon tumbang dekat  SD Negeri 32, Kelurahan Andalas, pohon menimpa rumah dan kabel. Pohon tumbang di Komplek Griya Mawar Sembada, Kampung Lapai, pohon menghambat akses jalan dan menimpa sebuah rumah.

Pohon tumbang di Ja­lan Jamaluddin Waketok Koto Parak, Kelurahan Pi­sang, Kecamatan Pauh. Serta pohon tumbang di Rt 01 Rw 01, Tanjung Saba Pitameh, Kecamatan Lubuk Begalung.

“Kita minta warga waspada dengan cuaca ekstrem yang bisa berubah saja tiba-tiba. Cuaca panas terik, tiba-tiba saja angin kencang diserta badai dan hu­jan,” pungkas Basril. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top