PAYAKUMBUH, METRO–Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-61, BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh kembali menunjukkan komitmennya untuk menghadirkan layanan yang mudah dijangkau oleh masyarakat melalui BPJS Keliling. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pelayanan administrasi, tetapi juga membawa semangat promotif dan preventif guna menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase mengatakan bahwa HKN ke-61 tahun 2025 mengusung tema “Generasi Sehat, Masa Depan Hebat”, di mana kegiatan ini menjadi momentum bagi BPJS Kesehatan untuk mempererat hubungan dengan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sekaligus memberikan edukasi langsung di lapangan. Melalui BPJS Keliling, masyarakat kini dapat menikmati kemudahan pengurusan berbagai administrasi JKN tanpa harus datang ke kantor cabang.
Defiyanna menjelaskan jika BPJS Keliling merupakan salah satu inovasi BPJS Kesehatan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat melalui mobil layanan yang berkeliling ke berbagai lokasi strategis, seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, pusat kegiatan masyarakat atau kantor pemerintah. BPJS Keliling menghadirkan berbagai layanan administrasi, seperti pendaftaran, perubahan dan pemutakhiran data peserta, serta pemberian informasi dan penanganan pengaduan.
“Melalui layanan BPJS Keliling ini, kami ingin memastikan bahwa seluruh peserta JKN, termasuk yang berada di wilayah terpencil, tetap mendapatkan akses pelayanan yang cepat, mudah, dan setara. Kegiatan ini juga kami padukan dengan edukasi tentang pentingnya pencegahan penyakit dan gaya hidup sehat sejak dini, salah satunya dengan skrining riwayat Kesehatan lewat Aplikasi Mobile JKN dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis)” jelas Defiyanna, Minggu (02/11).
Selain itu, petugas BPJS Kesehatan juga membantu masyarakat untuk memahami berbagai fitur digital lainnya di Aplikasi Mobile JKN yang kini semakin mempermudah akses peserta, seperti pendaftaran antrean online di fasilitas kesehatan, konsultasi online dengan dokter, pengecekan status kepesertaan dan iuran, hingga pendaftaran program rencana pembayaran bertahap (Rehab) atau program cicilan tunggakan iuran. Kanal layanan ini juga menjadi salah satu bentuk nyata implementasi transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan, yang memprioritaskan kepuasan peserta.
“Transformasi mutu layanan ini bukan hanya soal digitalisasi, tetapi juga pendekatan humanis. Kami ingin hadir langsung di tengah masyarakat, mendengarkan aspirasi publik, memberikan solusi, dan menumbuhkan kepercayaan bahwa pelayanan program JKN selalu ada untuk masyarakat,” tambah Defiyanna.
















