Ketua DPD ASPPI Sumatera Barat, Hade Ranti Juma, menjelaskan bahwa pelaksanaan MTM tahun ini mengangkat tema “Wellness West Sumatra: Your Gastronomy and Wellness Tourism Destination.” Tema tersebut menyoroti pentingnya promosi wisata berbasis kesehatan dan gastronomi khas Minangkabau yang kini semakin diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.
“Melalui Minangkabau Travel Mart ke-6, kami ingin memperluas jangkauan promosi wisata Sumatera Barat dan memperkenalkan kekayaan kuliner serta budaya Minangkabau sebagai daya tarik utama,” ujarnya.
Sementara itu, Muharoni Fikri Saputra dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan bahwa pada tahun 2025, pemerintah menetapkan lima program unggulan pariwisata nasional.
Program tersebut mencakup pengembangan pariwisata aman dan sehat, transformasi digital tourism 5.0, pariwisata premium berbasis gastronomi dan bahari, penyelenggaraan event global, serta pengembangan desa wisata berbasis komunitas.
Ia berharap, pelaksanaan Minangkabau Travel Mart ke-6 dapat menjadi salah satu langkah nyata memperkuat implementasi program-program tersebut di tingkat daerah. (pry)















