Lebih lanjut, Defiyanna mengatakan bahwa jadwal layanan VIOLA dilakukan setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 WIB– 15.00 WIB atau menyesuaikan jadwal di setiap nagari atau kelurahan. Peserta JKN juga dapat melihat jadwal layanan VIOLA melalui media sosial di setiap kantor cabang BPJS Kesehatan. Selain itu, Defiyanna menambahkan jika BPJS Kesehatan memiliki beragam kanal layanan, baik kanal layanan tatap muka, maupun non tatap muka.
Demi kemudahan, kecepatan dan efisiensi waktu dan jarak, Defiyanna mendorong agar masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan kanal layanan non tatap muka, seperti Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165, hingga VIOLA. “Saat ini sudah zamannya serba digital, termasuk dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh peserta JKN agar dapat memanfaatkan kanal layanan online yang tersedia karena lebih memudahkan dan pastinya menghemat waktu,” tambah Defiyanna.
Fadhila Azdmi seorang petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di RSUD dr. Achmad Darwis, mengatakan bahwa kanal layanan VIOLA telah rutin dimanfaatkan oleh pihak rumah sakit untuk membantu pelayanan administrasi peserta JKN yang datang berkunjung. Menurutnya, kegiatan VIOLA ini sangat positif dan bermanfaat, sehingga perlu rutin dilakukan pada setiap minggu. “Kanal layanan VIOLA ini sangat membantu kami untuk menindaklanjuti permintaan informasi dan kendala peserta JKN yang datang ke rumah sakit, umumnya kendala terkait lupa password Aplikasi Mobile JKN, perubahan data, hingga pendaftaran peserta baru. Tidak hanya untuk membantu peserta, kanal VIOLA juga telah kami manfaatkan untuk pelayanan administrasi bagi pegawai kami yang baru saja lolos CPNS,” ujar Fadhila.
Hal serupa juga diungkapkan oleh Ali Rachmad, petugas PIPP di RSUD Prof, Dr. M.A. Hanafiah di kabupaten Tanah Datar. Bagi Ali, kanal VIOLA menjadi salah satu solusi penunjang untuk memenuhi akses layanan untuk peserta JKN dan mempercepat proses penanganan keluhan di rumah sakit. “Saat ini, banyak peserta JKN telah memanfaatkan fitur antrean online di Aplikasi Mobile JKN karena manfaat dan kemudahannya. Pada sesi kegiatan VIOLA hari ini, cukup banyak peserta JKN yang berhasil kita bantu tindaklanjuti kendalanya dengan cepat, seperti kendala lupa password dan permintaan pendaftaran user Aplikasi Mobile JKN, pendaftaran peserta JKN baru, serta perubahan data,” ucap Ali.
Ali menuturkan, bahwa setiap petugas di rumah sakit dan peserta JKN merasa sangat terbantu karena proses tindaklanjut pelayanan administrasi, hingga penanganan pengaduan, bisa diselesaikan dengan cepat, tepat dan akurat lewat kanal VIOLA. “Semoga kegiatan VIOLA bisa rutin dilakukan karena sangat efektif dan efisien, menghemat waktu dan memberikan kepastian layanan. Kami tentunya akan siap berkolaborasi agar seluruh peserta JKN yang datang berobat bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik,” pungkas Ali. (uus)















