Close

AWR: Pendidikan Agama Harus Dimulai Sejak Dini

CIUM TANGAN— Peserta peragaan manasik haji bagi anak TK/PAUD yang dilaksanakan IGTK Banuhampu, mencium tangan Bupati Agam yang berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut.

AGAM, METRO–Bupati Agam, Dr H Andri War­man menyebutkan, pendidikan agama harus diterapkan pada generasi sejak usia dini. “Seperti halnya peragaan manasik haji bagi anak TK/PAUD yang dilak­sanakan Ikatan Guru Taman Ka­nan-kanak (IGTK) Banuhampu ini,” ujar Bupati Andri Warman saat buka kegiatan itu, di lapangan bola Pakan Sinayan, Senin (12/9).

Ia mengaku bangga terseleng­garanya kegiatan itu, karena menu­rutnya sejalan dengan salah satu program unggulan bidang pening­katan SDM. “Memang pe­ningkatan SDM harus dimulai sejak dini, teru­tama di sektor agama,” sebutnya.

Di usia yang masih dini kata­nya, agama mereka harus diper­kuat untuk membentuk akhlak, supaya dapat lahir regenerasi lebih baik ke depan.

Bahkan ia berharap anak usia dini harus bisa baca tulis Al-Quran, yang akan menjadi pedoman bagi mereka dalam menjalani kehidu­pan di dunia ini. “Jika perlu mereka harus bisa hafiz, karena kita kini tengah gencarnya pengembangan tahfiz di Agam,” kata bupati yang akrab disapa AWR itu.

Di samping itu terang AWR, pendidikan adat istiadat juga perlu ditanamkan pada generasi selain pendidikan formal di sekolah. “Sebab perkembangan zaman saat ini membuat semangat generasi mulai memudar di bidang adat istiadat,” ujarnya lagi.

Dengan begitu, AWR berupaya bagaimana semangat generasi dahulu dalam mengembangkan adat istiadat kembali bangkit di Kabupaten Agam. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top