Menu

Awasi Prokes saat Pergantian Tahun, Satpol PP Kerahkan 400 Personel

  Dibaca : 629 kali
Awasi Prokes saat Pergantian Tahun, Satpol PP Kerahkan 400 Personel
BERI PENGARAHAN— Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi memberikan pengarahan kepada para personelnya. Pada malam pergantian tahun nanti, ratusan personel Satpol PP dikerahkan dalam pengawasan prokes di Kota Padang.

TAN MALAKA, METRO
Satpol PP mengerahkan 400 personelnya di beberapa titik di Kota Padang untuk menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat di malam pergantian tahun. Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi mengatakan, diturunkannya ratusan personel tersebut sebagai pengawasan terhadap protocol (prokes) kesehatan guna pencegahan dan memutus rantai penularan Covid-19.

Ia menambahkan, personel Satpol PP harus lebih ekstra melindungi dirinya serta warga masyarakat, agar tidak terpapar virus Corona. Tentu kehadiran Satpol PP di tengah-tengah masyarakat salah satu upaya dalam mengingatkan masyarakat yang masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Hal itu dikarenakan Kota Padang masih belum bebas dari Covid-19. Serta ini adalah tugas dan fungsi untuk menjaga situasi dan kondisi di Kota Padang agar tetap kondusif dan terjaga dengan baik selama malam pergantian tahun di Kota Padang,” ujarnya, Selasa (29/12).

Ia menjelaskan, pada pergantian tahun baru ini berbeda dari biasanya. Sesuai imbauan pemerintah Republik Indonesia serta surat edaran Wali Kota Padang agar tidak ada aktivitas berkumpul berkerumun. Hal ini guna mengatasi penyebaran Covid-19 di Kota Padang dan masyarakat merasa aman dan nyaman di Kota Padang.

“Di pusat-pusat keramaian serta pos pengamanan, maka anggota kita juga ada di situ membantu, serta di tempat-tempat yang diduga akan banyak dikunjungi,” tandasnya.

Ia berharap masyarakat patuh dan tidak abai dalam melaksanakan prokes yang sudah ditetapkan. Seperti tetap mengunakan masker, mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah dan selalu tetap menjaga jarak.

“Kita sangat berharap masyarakat untuk memilih berdiam diri di rumah dari pada merayakan tahun baru di saat wabah masih melanda Kota Padang,” tukasnya.

Selain itu kata Alfiadi, Pemko Padang juga sudah mengeluarkan surat edaran tentang pengendalian kegiatan masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 pada libur Hari Natal dan Tahun Baru 2021. “Tentu tidak dibolehkan masyarakat mengadakan kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan atau menciptakan keramaian. Jadi marilah utamakan menjaga kesehatan dari pada ikut kegiatan yang tidak bermanfaat,” harap mantan kepala Bapenda Padang ini.

Sementara itu, sambut pergantian tahun baru, DPRD Kota Padang minta OPD terkait melakukan pengawasan. Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana meminta kepada seluruh OPD untuk saling koordinasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban kota di saat malam pergantian tahun.

“Disbudpar bersama Satpol PP harus turun ke kafe, tempat hiburan dan lokasi yang ramai untuk melihat apakah warga atau pengunjung menerapkan prokes. Bahkan pelaku usahanya juga harus ditelusuri. Adakah menyediakan sarana dan prasarana yang diatur dalam Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang telah disahkan jadi Perda. Jika tak ada, bubarkan dan tutup usahanya,” ujat kader Demokrat ini pada, Selasa (29/12).

Selain itu terang Ilham, di lokasi pantai mana pun di Kota Padang, OPD yang ada juga mengawasi warga yang datang. Supaya keamanan terwujud dan kerugian materi dan jiwa tak dialami nantinya.

“BPBD, Basarnas, Satpol PP harus standby dengan perlengkapan masing-masing. Jangan sampai korban berjatuhan, baru sarana dan prasarana datang. Ini tak sesuai namanya,” ucapnya yang juga Ketua DPC Demokrat Padang ini.

Sementara, Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani meminta kepada Dishub untuk menutup ruas jalan yang menghubung satu jalur utama ke satu tujuan. Supaya kemacetan tak terjadi dan jalur yang dilalui tetap satu arah. “Tutup habis jalur tikus dan personel diminta stay di lokasi dan pasang rambu-rambu,” ujar kader Gerindra ini.

Lalu kepada warga Padang terang Syafrial, diimbau terapkan prokes dalam beraktivitas. Agar keselamatan terwujud dan virus corona tak hinggap. “Dalam menyambut pergantian tahun, warga lebih baik lakukan hal yang bermakna dan muhasabah diri,” harapnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional