Menu

Awasi Penyebar Hoak dan Provokasi di Masa Pilkada

  Dibaca : 189 kali
Awasi Penyebar Hoak dan Provokasi di Masa Pilkada
Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah saat diwawancarai sejumlah awak media di Mapolres Dharmasraya. Kamis (10/9).

DHARMASRAYA, METRO
Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah meminta kepada masyarakat agar melaporkan akun-akun media sosial yang menyebarkan konten, narasi dan informasi hoaks yang diduga mengandung provokasi selama tahapan pilkada. Tak main-main, pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi oknum yang terbukti membuat hoaks.

“Demi menjaga kondusifitas pelaksaksanaan tahapan pilkada serentak di Kabupaten Dharmasraya hingga hari pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang, kita meminta agar masyarakat ikut mengawasi dan melaporkan akun media sosial pembuat dan penyebar berita bohong serta bernarasi menghasut sehingga mengancam stabilitas pelaksanaan Pilkada Serentak 2020,” ujar Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha.Kamis (10/9).

“Polri memiliki tim cyber yang bertugas memantau secara khusus aktivitas media sosial yang ditenggarai menyebarkan informasi provokasi,” tegas Kapolres.

Katanya, semua pihak yang terlibat praktik tersebut dapat dikenakan sanksi pidana dengan tingkat hukuman cukup berat, sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

“Jika mengetahui atau memiliki informasi tentang adanya akun media sosial yang diduga telah melakukan tindakan provokatif dengan menggunakan informasi atau berita bohong agar segera melaporkan ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti dan dilakukan tindakan tegas,” ungkapnya

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak langsung mempercayai suatu informasi yang tersebar luas di media sosial apalagi ikut menyebarkannya sebelum memastikan informasi yang diterima itu benar adanya.

“Masyarakat harus mampu menyaring setiap informasi yang diperoleh sebelum menyimpulkan sesuatu agar tidak mudah terprovokasi yang kemudian dapat memicu gangguan Kamtibmas hingga tersandung persoalan hukum,” katanya.

Ia juga meminta dan mengajak kepada semua pihak agar ikut berperan aktif menjaga kondusifitas kamtibmas khususnya di wilayah polres tersebut.

“Kepada rekan-rekan insan pers supaya menyampaikan informasi positif serta memberi edukasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan pilkada,” pungkasnya (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional